Global-News.co.id
Sport Utama

AVC Challenge Cup 2023: Kalah dari Vietnam, Indonesia Runner Up

Timnas voli putri Indonesia menempati peringkat kedua di AVC Challenge Cup 2023. (foto Antara)

GRESIK (global-news.co.id) – Timnas voli putri Indonesia kalah dari Vietnam pada final AVC Challenge Cup 2023 di GOR Tridharma, Gresik, Jawa Timur, Minggu (25/6/2023) malam.
Perjuangan luar biasa ditunjukkan timnas voli Indonesia pada set pertama. Sempat tertinggal jauh, Indonesia mampu mengejar ketertinggalannya dari Vietnam 18-24.

Melihat Indonesia bangkit dan terus mengejar, pelatih Vietnam melakukan time out. Usai time out, Vietnam akhirnya memutus perolehan poin beruntun Indonesia dan menang 25-18 di set pertama.

Pada set kedua Indonesia mengawali permainan dengan baik dan berhasil memimpin 3-1. Pergantian pemain yang salah satunya dengan memasukkan pemain muda Aulia Suci menghadirkan perbedaan serangan Indonesia yang bisa memimpin pada set kedua.

Vietnam terus berupaya mengejar, namun Indonesia tampil cukup solid sehingga poin demi poin tetap menjaga jarak. Vietnam sempat menyamakan kedudukan menjadi 22-22 sehingga laga menjadi sengit pada poin kritis. Megawati Hangesti Pertiwi yang dielu-elukan penonton sejak babak semifinal kembali menjadi pembeda pada set kedua yang berakhir dengan kemenangan 27-25 untuk Indonesia.

Pada set Ketiga Indonesia kembali unggul atas Vietnam di awal permainan dengan skor 7-4. Indonesia kemudian unggul jauh 14-7. Indonesia akhirnya menang di set ketiga 25-21 sehingga membuat Indonesia unggul 2-1.

Pada set keempat, Indonesia kembali memimpin perolehan angka atas Vietnam di awal permainan. Skor ketat terjadi saat Indonesia memimpin 10-8 kemudian dikejar Vietnam 9-10 dan 10-11.

Bahkan Vietnam berhasil berbalik unggul 12-11 atas Indonesia. Tapi Indonesia berhasil kembali menyamakan skor 12-12 dan berbalik memimpin 13-12.

Namun situasi berbalik Vietnam mampu berbalik unggul 19-18 dan memimpin hingga akhir set keempat dengan kemenangan 25-20. Pemenang pun harus ditentukan lewat pertarungan di set kelima.

Pertandingan set kelima berlangsung alot. Vietnam dan Indonesia saling bergantian memimpin perolehan poin. Reli yang cukup panjang kerap terjadi dalam pertandingan pada set penentuan.

Pertahanan Vietnam yang cukup solid membuat Wilda Nurfadhillah dan kawan-kawan tak mudah meraih poin. Indonesia tertinggal satu hingga dua poin setelah memasuki double digit.

Bahkan ketika tertinggal 12-14, Indonesia bisa mempertipis kedudukan menjadi 13-14. Namun sebuah spike dari Vietnam membuat Indonesia kalah 13-15 pada set kelima.

Indonesia harus puas menempati peringkat kedua pada AVC Challenge Cup 2023. Vietnam mewakili Asia ke FIVB Challenger Cup 2023 yang berlangsung di Prancis. (cnn, oli)

baca juga :

Walikota Eri Sebut Taman Surya Jadi Pilihan Wisata Keluarga di Surabaya

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya Fasilitasi Tes Swab Seluruh Petugas Pengawas TPS

Redaksi Global News

Rahasia Macan Kemayoran Catatkan Lima Kemenangan Beruntun

Redaksi Global News