Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Menjelang Ramadhan, PD Pasar Data Kebutuhan Pedagang di Surabaya

Dalam menghadapi Bulan Ramadhan dan IdulFitri, PD Pasar mendata kebutuhan pedagang di Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya melakukan pendataan kebutuhan setiap pedagang pasar sebagai bagian dari upaya menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok dan stok pangan di Kota Surabaya, Jatim, menjelang Ramadhan.

Direktur Utama PD Pasar Surya Agus Priyo, Kamis (9/3/2023), mengakui telah mendata kebutuhan setiap pedagang yang dinaungi oleh PD Pasar Surya untuk disampaikan kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Surabaya.

“Ini juga mendukung langkah Walikota Surabaya (Eri Cahyadi) dalam mengendalikan inflasi daerah,” kata dia.

Menurut dia, kenaikan harga biasanya diikuti oleh over demand (banyak permintaan). Melalui monitoring yang dilakukan TPID Surabaya, PD Pasar Surya berupaya melakukan oversupply (melebihi pasokan) harga kebutuhan pokok tetap terjangkau.

“Alhamdulillah, Kabag Perekonomian, Dinkopdag, dan DKPP bersinergi dengan baik sehingga pedagang kami mengalami keuntungan tersebut. Artinya, barang yang ada di bawah PD Pasar Surya masih tergolong aman dan Insya Allah sampai menghadapi bulan Ramadhan bisa dibilang aman,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Lilis Pristiwati menyampaikan DKPP telah menggerakkan pemanfaatan lahan pekarangan milik warga dengan memberikan bantuan bibit. Selain itu, melakukan penanaman di Taman Hutan Raya (Tahura).

“Kami telah melakukan antisipasi terkait distribusi tanaman tersebut dan menanami Tahura untuk komoditi tersebut. Serta memberikan peningkatan kapasitas pada masyarakat. Pelatihan untuk tidak harus memanfaatkan lombok dalam bentuk segar, bahwa bisa menjadi olahan cabai kering,” ujar Lilis.

Direktur Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Surabaya Fajar A. Isnugroho sebelumnya mengatakan, menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, pihaknya menyiapkan tim monitoring peredaran daging RPH.

Pihaknya bergerak di tujuh pasar untuk memantau harga daging di Surabaya. Tujuh pasar tersebut di antaranya, Pasar Wonokromo, Pabean, Tambak Rejo, Genteng, Pucang, Kembang, dan Balongsari.

“Dari tujuh pasar itu ditambah dengan beberapa pedagang di depan Arimbi (pasar daging) dan Pegirian, diketahui harga daging saat ini masih stabil Rp120.000 per kg. Kemudian, Rumah Daging RPH menjelang Ramadhan dan Idul Fitri menyiapkan 8-10 ton stok daging untuk masyarakat Surabaya. Perinciannya 3 ton disiapkan untuk Bulan Maret 2023 dan sisanya di Bulan April 2023,” kata dia. (pur)

baca juga :

Razia Wujudkan Lapas Tanpa Halinar, Petugas Temukan Senjata Tajam Rakitan

Redaksi Global News

Liga 1: PSIS Telah Lepas 5 Pemain

Persita Alami Tren Permainan Menanjak

Redaksi Global News