Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Investasi Trading, Polda Jatim Tetapkan ‘Crazy Rich’ Surabaya Jadi Tersangka

Terkait kasus investasi trading, Polda Jatim tetapkan ‘crazy rich’ Surabaya jadi tersangka

SURABAYA (global-news.co.id) – Kepolisian Daerah Jawa Timur menetapkan crazy rich Surabaya Wahyu Kenzo sebagai tersangka dan menahannya dalam kasus investasi robot trading yang merugikan korban mencapai hampir Rp9 triliun.

“Dari hasil keterangan (dari proses penyidikan) sementara, diperkirakan kerugian (korban) mencapai hampir Rp9 triliun, dengan prakiraan jumlah korban kurang lebih 25 ribu orang,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Harmanto di Mapolda Jatim, Surabaya, Rabu (8/3/2023).

Sementara itu, Kapolres Malang Kota Kombes Pol. Budi Hemanto menerangkan kasus ini bermula ketika salah seorang anggota robot trading berinisial MY melaporkan Wahyu Kenzo ke Polresta Malang beberapa bulan lalu.

Ceritanya, Wahyu Kenzo yang mendirikan bisnis robot trading meminta RE untuk datang menemui korban agar mempresentasikan soal robot trading dengan bendera “Auto Trade Gold” (ATG) pada Juli 2021.

MY kemudian bergabung pada November tahun yang sama dengan membeli robot sebesar lebih dari Rp42 juta dan deposit lebih dari Rp1 miliar.

Awalnya, korban menerima keuntungan seperti dijanjikan Wahyu Kenzo. Karena itu, pada Januari 2022, MY mentransfer kembali sebesar lebih dari Rp4 miliar.

Kecurigaan muncul ketika korban hendak melakukan penarikan sebesar 25.000 dolar AS namun gagal. Ditarik 2.000 dolar AS pun juga gagal. Bahkan, penarikan lebih kecil dari itu pun juga masih pending. Hingga kemudian MY melapor ke polisi.

Budi menuturkan, pihaknya melakukan penyelidikan setelah menerima laporan dari korban. Wahyu Kenzo dipanggil dua kali dalam statusnya sebagai saksi tapi mengabaikan. Hingga akhirnya polisi melakukan penjemputan paksa terhadap Wahyu Kenzo di Surabaya pada Sabtu, 4 Maret 2023.

“Dan setelah dilakukan gelar perkara pada 5 Maret 2023, kami menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka,” kata Budi. (ntr, ins)

baca juga :

Wisata Kampung Pecinan, Destinasi Wisata Baru di Kota Surabaya

gas

Amankan Pemungutan Suara Pilkada 2020, Polri Siagakan 456.141 Personel

Redaksi Global News

Menhub Sebut Pembangunan Bandara Baru di Bintan Pacu Industri dan Pariwisata

Redaksi Global News