Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Mataraman Utama

Pemprov Jatim Adakan Pasar Pangan Murah di Madiun

Guna stabilkan harga, Pemprov Jatim adakan pasar pangan murah di Kota Madiun

MADIUN (global-news.co.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar pasar pangan murah berkualitas di Kota Madiun yang berlangsung hanya sehari di halaman kantor Kecamatan Taman, Rabu (8/3/2023).

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPP Jatim Pujiati Ningsih mengatakan pasar pangan murah berkualitas tersebut dilakukan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP), utamanya menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah. Setidaknya ada 18 titik pasar pangan murah, tersebar di 18 kabupaten/kota di Jatim, termasuk satu titik di Kota Madiun.

“Jadi ini nanti keliling di 18 titik sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ini programnya Bu Gubernur Khofifah Indar Parawansa untuk membantu masyarakat agar mendapatkan bahan pangan murah dengan kualitas bagus,” ujarnya di Madiun.

Ada sejumlah komoditas yang disediakan dalam pasar pangan murah tersebut. Yakni beras premium dengan harga Rp63.000 kemasan 5 kilogram, beras medium seharga Rp42.500 kemasan 5 kilogram.

Selain itu, minyak goreng dengan harga Rp15.000 per liter, telur ayam ras Rp24.000 per kilogram, gula pasir Rp13.500 per kilogram, kemudian cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan daging ayam ras.

Adapun untuk pengadaan bahan pangan dalam program pasar pangan murah berkualitas tersebut DKPP Jatim bekerja sama dengan sejumlah BUMN dan pihak terkait, seperti Bulog, RNI, Prima, dan DKPP Kota Madiun.

Antusias masyarakat mengikuti kegiatan itu cukup tinggi, mengingat harganya lebih murah di banding harga di pasaran.

Warga mengaku sangat terbantu bisa mendapatkan bahan pangan dengan harga lebih murah dan terjangkau. Warga Kota Madiun berharap kegiatan serupa rutin digelar untuk membantu masyarakat, utamanya jelang puasa dan Lebaran. (her, ara)

baca juga :

Pemkot Surabaya Monitoring Kehadiran Pegawai Pasca Libur Lebaran

Amandemen Konstitusi Disetujui, Rusia Akui Keberadaan Tuhan

Redaksi Global News

Status Pemain Pinjaman, Irfan Jauhari Resmi ke Persija

Redaksi Global News