Global-News.co.id
Mataraman Utama

Moment HUT PGRI Dan HGN, Bupati Madiun Tekankan Persamaan Persepsi

MADIUN (global-news.co.id) – Bupati Madiun menekankan persamaan persepsi untuk mengevaluasi yang sudah dan tetap konsisten dengan kemajuan pendidikan di Kabupaten Madiun. Hal ini ditekankan Bupati Madiun, H Ahmad Dawami saat menjadi inspektur Upacara  Peringatan HUT PGRI ke 77 Dan Hari Guru Nasional (HGN) di GOR Pangeran Timoer Kab. Madiun, Sabtu (26/11/2022).
Terkait Sumber Daya Manusia (SDM) Guru,  dia akan terus  melakukan percepatan antara yang masuk dan pensiun.  Secara intensif akan melakukan konsultasi kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) maupun Menpan  RB.
“Sebagai salah satu pilar terpenting, peran guru juga sangat tinggi dalam membangun Indeks Pembangunan Manusia,” lanjutnya.
Dengan konsep Integrated Development Plan (IDP)  maka keseluruhan rencana kerja pemerintah akan bersinergis dengan lainnya. Dengan adanya IDP tersebut pembangunan manusia juga menjadi tanggung jawab bersama.
“Di Kabupaten Madiun sudah IDP , jadi masuk di dalamnya (IDM) ini menjadi tangung jawab kita bersama,” ujarnya.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Madiun melalui Sekretaris Dinas, Hendro Suwondo mengatakan pelaksanaan kegiatan HGN dan HUT PGRI ke 77,  melibatkan semua unsur yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikannya dengan memberikan apresiasi guru yang berdedikasi dan berkualitas serta misi pendidikan berkarakter.  Seperti penampilan senam kampung pesilat dan  Polisi cilik. Seni budayanya dengan melibatkan bapak ibu guru.
” Dalam momentum tersebut terdapat sebuah akselerasi terkait pencapaian indeks pendidikan,” kata  Hendro.
Terkait pencapaian indeks pendidikan,   lanjut dia didalamnya ada rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah. Kemudian ditindaklanjuti dengan penanganan anak tidak sekolah. Hal ini melibatkan seluruh stake holder baik di kecamatan maupun di desa. Seperti Kejar Paket A,B dan C. Sehingga indeks pendidikan segera naik.
” Ini sudah tahun kedua kita melakukan akselerasi,”  pungkasnya.
Upacara tersebut diikuti oleh HIMPAUDI, IGTKI, Guru SD, SMP dan  OPD Pemkab Madiun.
Acara juga dimeriahkan oleh  atraksi paper mob dari para guru,  senam Kampung Pesilat Indonesia,  penampilan penyanyi cilik, dan penampilan baris berbaris Polisi Cilik.
Selain itu juga  dilakukan pemberian bantuan perlengkapan sekolah bagi 364 siswa SD, 141 siswa program kesetaraan paket A,B, dan C, pemberian penghargaan kepada guru berdedikasi, dan kepala sekolah purna tugas. (her)

baca juga :

Wabup Subandi Beri Perhatian pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar

Lupakan Kekalahan Pertama, Supardi Dkk Ingin Secepatnya Bangkit

Redaksi Global News

Liga 1: Raih Hasil Minor pada Laga Uji Coba Kontra Persebaya, Teco Ambil Hal Positif