Global-News.co.id
Sport Utama

Piala AFF U-19: Timor Leste Sikat Singapura 1-0, Malaysia Menang dari Kamboja

Laga Grup B Piala AFF U19 yang mempertemukan Timnas Singapura U19 menghadapi Timor Leste di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (5/7/2022). (foto: Antara)

JAKARTA (global-news.co.id) – Timnas Timor Leste membuat kejutan dengan mengalahkan Singapura 1-0 pada pertandingan penyisihan Grup B Piala AFF U-19 Tahun 2022 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (5/7/2022) malam.

Gol semata wayang dalam laga ini tercipta dari kaki penyerang Timor Leste Mario Donasio Quintao pada menit ke-59.

Kemenangan ini membawa Timor Leste ke peringkat empat klasemen Grup B dengan tiga poin di atas juru kunci Singapura yang nol poin.

Pada 15 menit awal babak pertama, Timor Leste mengambil inisiatif menyerang, namun tidak membahayakan gawang Singapura.

Timor Leste mencetak gol pada menit 25 dari sontekan Alexandro Luis Antonio, namun penyerang ini sudah lebih dulu dalam posisi offside.

Singapura beberapa kali mengancam gawang Timor Leste, namun penjaga gawang Filonito Nogueira sigap mengamankan gawannya. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Pada menit-menit awal babak kedua, Timor Leste kembali menekan lini pertahanan Singapura.

Mereka akhirnya mencetak gol pada menit ke-59 yang berawal dari bola muntah di kotak penalti Singapura yang disambar oleh penyerang Mario Donasio Quintao untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Unggul satu gol, Timor Leste tetap rajin menekan Singapura dan penyerang Anizo Correia hampir mencetak gol ketika sundulannya melambung di atas mistar gawang Firman Nabil.

Dalam sisa waktu babak kedua, Timor Leste tetap menekan Singapura, tetapi kedudukan tetap 1-0 sampai peluit panjang dibunyikan.

Selanjutnya Timor Leste kembali bertanding Sabtu pekan ini menghadapi Malaysia, sedangkan Singapura langsung menghadapi Malaysia Kamis pekan ini.

Suasana pertandingan Grup B Piala AFF U19 yang mempertemukan Malaysia dan Kamboja di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (5/7/2022). (foto: Antara)

Sedangkan di hari yang sama, Timnas Malaysia U-19 mengalahkan Kamboja 2-1 dalam pertandingan Grup B Piala AFF U-19 2022 di Stadion Madya, Jakarta.

Kedua gol Malaysia dicetak oleh Muhammad Najmudin Akmal Kamal dan Muhammad Haiqal Haqeemi Hairi pada babak pertama, sedangkan satu gol Kamboja diciptakan Chanvinol Davit pada babak kedua.

Kemenangan ini membuat Malaysia menduduki peringkat dua klasemen Grup B dengan tiga poin, sedangkan Kamboja menempati posisi ketiga dengan poin sama tapi kalah selisih gol.

Kamboja dan Malaysia bermain terbuka sejak kick-off babak pertama. Malaysia unggul lebih dulu pada menit ke-13 melalui gol yang dicetak oleh Muhammad Najmudin Akmal Kamal.

Kamboja berusaha menyamakan kedudukan, tetapi tendangan keras Eav Sovannara bisa dijinakan kiper Malaysia Syahmi Adib.

Malaysia menggandakan kedudukan menjadi 2-0 pada menit 29 setelah gelandang Muhammad Haiqal Haqeemi Hairi memanfaatkan ruang di antara dua pemain Kamboja untuk melepaskan tendangan salto yang tak bisa dibendung kiper Reth Lyheng.

Pada awal babak kedua, Kamboja mengambil inisiatif menyerang, namun rapatnya lini pertahanan Malaysia menggagalkan setiap serangan Kamboja.

Kamboja akhirnya memperkecil ketertinggalan pada menitk ke-55 setelah tendangan Chanvinol Davit masuk ke pojok kanan gawang Malaysia untuk mengubah kedudukan 1-2.

Selanjutnya Malaysia akan menghadapi Singapura pada Kamis (7/7), sedangkan Kamboja bertemu Laos pada hari yang sama. (ntr, ins)

 

baca juga :

Cegah Penyebaran COVID-19, Forkopimda Jatim Kompak Viralkan Gerakan Cuci Tangan dengan Musik TikTok

Redaksi Global News

Perlindungan JCH, Asrama Haji Embarkasi Surabaya Di-Fogging Tiap Akhir Pekan

Pendaftaran Paslon, Parpol – Cabup Dilarang Bawa Pendukung

Redaksi Global News