Global-News.co.id
Mancanegara Utama

Gempa Turki: KBRI Ankara Sebut 500 WNI Tinggal di Lokasi

KBRI Ankara mencatat setidaknya ada 500 WNI berada di lokasi gempa dahsyat Turki.

JAKARTA (global-news.co.id) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara mencatat 500 warga negara Indonesia (WNI) berada di lokasi gempa Turki.

Melalui pernyataan, KBRI Ankara menuturkan wilayah utama yang terkena gempa berada di sekitar tenggara Turki yang berdekatan dengan perbatasan Suriah, meliputi 12 daerah yaitu; Adana, Adıyaman, Kahramanmaraş, Gaziantep, Diyarbakır, Hatay, Kilis, Şanliurfa, Malatya, Osmaniye, Elazig, Elbistan.
Sejauh ini, KBRI Ankara mencatat 3 WNI di wilayah itu menjadi korban luka. “Sejauh ini dari sekitar 500 WNI di sekitar lokasi, 3 orang terluka dan sudah ditangani di rumah sakit terdekat,” demikian pernyataan resmi KBRI Ankara, Senin (6/2).

KBRI Ankara mengatakan ratusan WNI di lokasi gempa itu kebanyakan pelajar, pekerja spa terapis, pasangan yang menikah dengan warga setempat, dan pekerja di organisasi internasional yang beroperasi di perbatasan Turki-Suriah.

Sejumlah WNI di Kahramanmaras juga harus meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan parah.

KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat.

Sampai saat ini, KBRI Ankara masih terus berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk memastikan ratusan WNI yang ada di lokasi gempa dalam keadaan baik-baik saja.

“Kita sedang koordinasikan,” kata Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat pada Senin. (cnn, ins)

baca juga :

Dukung Percepatan Penanganan Covid-19, BUMN Gotong-royong Donasikan Bantuan untuk Pemkot Surabaya

Titis Global News

Mulai Besok, Pemkot Surabaya Gelar Vaksinasi Khusus Usia 6-11 Tahun

Redaksi Global News

Penuhi Aspirasi Kades, Bupati Anna Tambah ADD dari DBH

Redaksi Global News