Global-News.co.id
Kesehatan Metro Raya Utama

Mulai Besok, Pemkot Surabaya Gelar Vaksinasi Khusus Usia 6-11 Tahun

 

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara

SURABAYA (global-news.co.id) –
Pemkot Surabaya bakal menggelar vaksinasi dosis pertama khusus anak SD (Sekolah Dasar) usia 6-11 tahun. Pelaksanaan vaksinasi dimulai Rabu (15/12) di setiap puskesmas Kota Surabaya.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk usia 6-11 tahun, menargetkan 227 ribu anak, dengan menyasar 126 sekolah tingkat SD di Kota Surabaya. Pelaksanaan vaksinasi, juga telah mendapatkan persetujuan dari orangtua atau wali murid.

“Jadi ada formulir persetujuan yang wajib diisi oleh orangtua. Pelaksanaan vaksin ini juga langsung dikoordinasi oleh sekolah, maka teknisnya sudah diatur sekolah dan tenaga kesehatan dari puskesmas, agar tidak terjadi kerumunan,” kata Febri sapaan lekatnya, Selasa (14/12).

Febri mengungkapkan, jenis vaksin yang digunakan pada pelaksanaan vaksinasi dosis pertama untuk anak usia 6-11 tahun adalah vaksin jenis Sinovac. Pelaksanaan vaksin dimulai pukul 08.00 WIB oleh setiap puskesmas dan bertanggung jawab untuk dua sekolah yang berada di wilayah tersebut.

“Catatan dari kami, bagi orangtua yang hendak melakukan imunisasi (Difteri dan Tetanus) bagi anak-anaknya, mohon untuk ditunda terlebih dulu. Agar bisa mengikuti vaksinasi Covid-19,” ungkap dia.

Secara teknis, Febri menjelaskan, sebanyak seribu dosis vaksin perhari, untuk anak usia 6-11 tahun. Nantinya, sebelum mendapat vaksin dosis pertama, anak-anak akan mendapat pemeriksaan riwayat penyakit terlebih dahulu.

Febri berharap, pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun bisa berlangsung sesuai target dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya. Yakni, vaksin dosis pertama tersebut, ditargetkan akan selesai pada dua minggu mendatang.

“Untuk vaksin dosis dua disesuaikan dengan aturan pelaksanaan vaksin. Harapannya, bisa sesuai dengan target, sambil menunggu SKB 4 menteri, untuk bisa melaksanakan PTM 100 persen,” ujarnya. (pur)

baca juga :

MDMC Muhammadiyah Pamekasan Gelar Pelatihan Program UBAH

gas

Istana Imbau Tak Ada Foto Presiden Jokowi di Spanduk HUT RI

Redaksi Global News

Hasil Quick Count, Istri Bupati Banyuwangi Unggul

Redaksi Global News