Global-News.co.id
Pendidikan Utama

Dukung Perkuliahan Luring, UK Petra Luncurkan Petra Shuttle Bus

Jennifer Annebeal (baju hitam) dan Jennifer Catherin, mahasiswi UKP di Pakuwon Mall saat akan menaiki bus.

SURABAYA (global-news.co.id) – Menyambut kegiatan belajar mengajar semester genap, UK Petra meluncurkan fasilitas baru yaitu Petra Shuttle Bus, Senin (11/4/2022).

“Puji Tuhan, fasilitas baru berupa dua bus sebagai sarana transportasi mulai dapat digunakan secara resmi oleh mahasiswa dan staf UK Petra yang berada di Surabaya Barat (PTC) menuju kampus UK Petra di Surabaya Selatan,” ungkap Rektor UK Petra Prof Dr Ir Djwantoro Hardjito MEng.

Peluncuran ini juga mendukung surat edaran dari rektor untuk meminta para mahasiswa UK Petra yang minimal telah divaksinasi Covid-19 dosis kedua serta berdomisili di area Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Bangkalan) untuk kembali menjalankan perkuliahan secara luring (kembali ke kampus).
Acara peluncuran dilakukan mulai pukul 10.00 di Gedung P Kampus UK Petra dengan melepas beberapa mahasiswa saat menggunakan dua bus untuk pertama kalinya.

Langkah menambah fasilitas baru ini salah satu harapannya untuk mengurai kemacetan jalan sekitaran akses menuju kampus UK Petra di Siwalankerto. Sehingga para Petranesian yang berlokasi di Surabaya Barat tidak perlu membawa kendaraan pribadi untuk menuju kampus UK Petra.

Selain itu dengan adanya bus ini maka sebagai alternatif media transportasi untuk area Surabaya Barat ke UK Petra. Standar keamanan tetap di perhatikan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pembersihan dan sanitasi rutin hingga fogging.

Untuk dapat mengakses bus ini harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Petra Shuttle Bus di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS secara gratis. Aplikasi ini dibuat oleh mahasiswa prodi Informatika UK Petra yaitu Kevin Jonathan dan Michelle Christiana Chandra dibawah bimbingan Prof Dr (HC) Rolly Intan Dr Eng.

“Sementara ini jadwal operasional dua bus mulai hari Senin-Jumat dengan 12 jadwal. Tiap bus mendapatkan masing-masing enam jadwal. Yaitu pukul 06.00 & 07.00, 08.00 & 09.00, 10.00 & 11.00, 12.00 & 13.00, 14.00 & 15.00 serta 16.00 & 17.00. Kapasitas penumpang dalam bus ini sejumlah 20 orang tiap busnya,” rinci Endo Wijaya Kartika SE, MM selaku Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) UK Petra.

Pick Up Point penjemputan dan keberangkatan bus di UK Petra ini dapat ditemukan di Selat Gedung P dan Q, sedangkan di PTC dapat ditemukan di Lobby Home Pro PTC Surabaya. “Inovasi ini sangat bagus sebab sebagai mahasiswa yang tinggal di daerah Barat saya merasakan lelahnya perjalanan dari Barat ke Selatan. Dengan adanya bus ini maka dapat menghemat biaya dan tenaga. Semoga ke depannya rute bisa diperbesar supaya lebih versatile dan jangkauannya lebih luas. Sehingga Petranesian yang tidak tinggal di Surabaya Barat bisa diakomodasi,” ujar Ketua BEM UK Petra Widi Santoso. (tis)

baca juga :

552 Pekerja Migran Ilegal  Dipulangkan dari Malaysia

gas

Polwan Sidoarjo Gelar Vaksinasi Covid-19

Vaksin Sinovac Datang, Pemprov Jatim Siapkan 2.404 Vaksinator Covid-19

Redaksi Global News