Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Gus Muhdlor Target Dinas PU BM-SDA Normalisasi Kawasan Rawan Banjir Awal April

SIDOARJO (global-news.co.id) – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) menargetkan awal April mulai pengerjaan normalisasi saluran di sejumlah lokasi yang masuk dalam kawasan daerah rawan banjir. Ada 40 titik saluran yang akan dinormalisasi di tahun anggaran 2022 oleh Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkab Sidoarjo.

Proyek normalisasi rata dilakukan mulai dari Kecamatan Tarik hingga Kecamatan Waru. Terutama yang masuk dalam prioritas seperti kawasan yang sering terjadi banjir saat musim hujan.

“Normalisasi akan kita kebut targetnya awal April sudah mulai dikerjakan,” ujar Gus Muhdlor, Selasa (22/3) usai membuka rapat RKPD Tahun 2023 di Aston Hotel Sidoarjo.

Normalisasi ke wilayah Kecamatan Waru yang masuk dalam prioritas tahun ini yaitu saluran di Desa Tambak Sawah. Di kawasan ini sering terjadi banjir rutin tiap tahun. Untuk mengurai permasalahan banjir menahun di kawasan itu akan dilakukan normalisasi seperti yang selama ini diusulkan Pemerintah Desa Tambak Sawah dan warga.

“Sudah dilakukan pemetaan saluran mana saja yang masuk prioritas untuk dilakukan normalisasi tahun ini, dan akan dilakukan setiap tahun terutama di kawasan yang rawan banjir,” kata dia.

Masih di Kecamatan Waru, normalisasi akan dilakukan pada saluran Jl Nusantara samping Masjid Al Islah yang mengarah ke saluran Tropodo Jaya, Desa Tropodo. Kawasan ini juga masuk prioritas karena tiap tahun jadi langganan banjir.

Di wilayah Gedangan saluran yang akan dinormalisasi yakni saluran Desa Gedangan sampai dengan Desa Semambung. Kemudian saluran Desa Ketajen.  Kedua saluran itu sudah lama tidak dilakukan normalisasi, akibatnya terjadi pendangkalan.

Masih di wilayah Sidoarjo utara, Kelurahan Wonocolo, Kecamatan Taman akan dilakukan normalisasi pada Saluran Kalimir. Normalisasi dimulai dari saluran yang melewati RT 2,3,4,5,9,12 dan 14. Kawasan ini juga sering mengalami banjir.

Kepala Bidang Irigasi dan Pematusan PU BM SDA, Rizal Asnan, menyampaikan, saat ini proyek normalisasi sudah masuk proses perencanaan dan awal triwulan II atau April sudah mulai proses pengerjaannya.

Pihaknya sudah memetakan saluran mana saja yang masuk prioritas dikerjakan tahun ini. “Totalnya ada 40 titik saluran yang akan kita normalisasi. Termasuk normalisasi saluran di Kelurahan Ngelom, Taman,” ujar Rizal.

Sedangkan wilayah Sidoarjo barat, tepatnya di Kecamatan Prambon juga akan dinormalisasi. Saluran yang dinormalisasi tahun ini yakni saluran RT 8 RW 2 Desa Kedungwonokerto. Kemudian di Kecamatan Tulangan yakni saluran di Desa Kepadangan. Sedangkan di  Kecamatan Jabon saluran yang akan dinormalisasi yakni saluran Desa Tambak Kalisogo. (win)

baca juga :

Kasus DBD Meningkat, Masyarakat Diimbau Aktif Lakukan PSN

Redaksi Global News

Bali United Taklukkan PSS 2-0

Redaksi Global News

Salurkan Bansos Tunai, Presiden Jokowi Ingatkan Tak Ada Potongan

Redaksi Global News