Global-News.co.id
Madura Utama

Digital Talent Scholarship, Ikhtiar Sukses Wujudkan 10 Ribu Pengusaha Baru 

PAMEKASAN (global-news.co.id) –Tahun 2022 ini Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP KOMINFO) Surabaya sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemkab Pamekasan akan menyelenggarakan beberapa pelatihan di kabupaten Pamekasan.
Pelatihan itu antara lain Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA) dan Vocational School Graduate Academy (VSGA). Tiga pelatihan ini merupakan bagian kegiatan program Digital Talent Scholarship (DTS). DTS merupakan Program Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam pengembangan kompetensi talenta digital yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018.
Program DTS didesain untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pemerintah, masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.
Dari tiga pelatihan tersebut, Thematic Academy (TA) sudah terlaksana selama 4 hari sejak 15 Februari sampai dengan Jumat 18 Februari 2022 lalu. Berjalan lancar, mendapat dukungan dari Pemkab Pamekasan seutuhnya, dengan perizinan yang mudah dan lancar berkat dukungan beberapa OPD terkait.
“Atas sukses ini kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, atas dukungannya yang begitu besar atas kegiatan ini, “ kata  Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya Eka Handayani melalui Bagus Winarko selaku Perwakilan BPSDMP Kominfo Surabaya dalam kegiatan pelatihan di Pamekasan.
Bagus Winarko bilang dari banyak skema yang ada di DTS-TA   adalah skema yang pertama digelar dan sukses berjalan dengan lancar, aman dan mendapat respon dari buruh migrant sebagai peserta yang tersebar di beberapa kecamatan di Pamekasan. Dia mengatakan lima Kecamatan di Pamekasan dalam beberapa hari ini sibuk menyiapkan kegiatan yang merupakan agenda Kemenkominfo RI ini.
Program DTS, kata Bagus, merupakan atensi Presiden Jokowi  dalam perencanaan transformasi digital yakni yang bertujuan untuk perluas akses dan peningkatan infrastruktur digital. Lalu  persiapan roadmap transportasi digital di sektor-sektor strategis, baik di pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, sektor pendidikan, sektor kesehatan, perdagangan, sektor industry dan penyiaran.
Selain itu juga, lanjutnya,  untuk mempercepat integrasi pusat data nasional, persiapkan kebutuhan SDM talenta digital. Untuk itu Presiden Jokowi meminta hal hal yang berkaitan dengan regulasi, skema-skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital harus disiapkan baik dan cepat.
“Secara bersamaan di lima kecamatan itu sudah sukses melaksanakan Program Digital Talent Scholarship (DTS) Skema Thematic Academy ini, yakni Kecamatan Batumarmar, Pasean, Waru, Pegantenan dan Kecamatan Palengaan. Antusias dari para buruh migran juga tidak kalah hebatnya dengan mengikuti pelatihan,” katanya.
Setelah tuntas pelatihan DTS TA, kata Bagus, kini pihaknya tengah mempersiapkan pelatihan kembali secara Offline yakni Program Digital Talent Scholarship Skema Digital Enterpreneurship Academy (DTS DEA), yang akan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 22 sampai dengan 25 Februari 2022.
Materi yang akan diberikan pada pelatihan DTS DEA kali ini  yang telah kami sebar Link nya pada peserta. Bagaus Winarko selaku Penanggung Jawab DTS di Pamekasan ini berterima kasih kepada OPD dilingkungan Pemkab Pamekasan  yang telah mendukung menjaring peserta pelatihan sebanyak banyaknya.
Pelatihan DTS DEA ini, lanjut Bagus, akan terbagi dua kelompok. Pertama tanggal 22-23 untuk UKM yang sudah berjalan dengan materi Mengelola Keuangan, Akses Permodalan Digital Marketing untuk Usaha. Lalu kelompok kedua tanggal  24-25 Februari pesertanya umum perorangan atau lembaga yang baru memulai usaha baru.
“Nah materi materi pelatihan yang akan diberikan pada kelompok kelompok itu sangat cocok sekali dengan program pembangunan prioritas Bapak Bupati Pamekasan Badrut Tamam untuk mewujudkan 10.000 pengusaha baru. Karena kami berterima kasih kepada Bapak Bupati Badrut Tamam atas dukungannya,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

MU Harus Menang atau Malu !

Redaksi Global News

2021, Perbankan di Jatim Diproyeksi Tumbuh 6 %

Redaksi Global News

Arema FC ke Seri 3, Pemain Diminta Jaga Konsistensi Permainan

Redaksi Global News