Global-News.co.id
Nasional Tapal Kuda Utama

Pasca Lahar Dingin, Bupati dan Wabup Lumajang Turun untuk Pastikan Warga Aman

Bupati Cak Thoriq memastikan masyarakat di tepian aliran sungai lahar Semeru dalam keadaan aman

LUMAJANG (global-news.co.id) – Banjir lahar dingin yang terjadi pada Minggu (2/1) sore mengakibatkan jembatan di Gondoruso, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tertutup material vulkanik.

“Malam ini, saya dan Bunda Indah Masdar berbagi lokasi berkunjung ke Desa Jugosari dan Desa Gondoruso, untuk memastikan masyarakat di tepian aliran sungai lahar semeru dalam keadaan aman,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat meninjau situasi dan kondisi di Jembatana Limpas Desa Gondoruso, Minggu (2/1) malam.

Cak Thoriq juga menyampaikan, akibat tumpukan material vulkanik dan batu besar di tengah jembatan, ratusan warga terisolir. Jembatan Limpas itu menjadi penghubung ke Dusun Sumberlangsep Desa Jugosari.

“Besok, akan dilakukan survei lokasi terkait kerusakan beberapa jembatan Limpas akibat arus lahar semeru. Sekaligus memastikan kelayakan fungsi jembatan. Karena ada beberapa dusun yang harus melewati jembatan limpas sebagai akses utama menuju pemukiman,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati berharap agar masyarakat di sekitar aliran lahar Gunung Semeru waspada.

Sementara mengenai terputusnya akses jalan di jembatan Limpas, ia menjelaskan jembatan tersebut akan dibersihkan dari tumpukan material vulkanik di tengah jembatan. (kmf, uja)

baca juga :

Didukung Walikota, UMKM Konveksi di Surabaya Siap Jadi Pusat Penyedia Seragam dan Tas

Redaksi Global News

Saat Natal dan Tahun Baru, Berlakukan PPKM Level 3 Merata di Indonesia

Redaksi Global News

Semeru Masih Semburkan Material Vulkanik, Khofifah: Jangan Selfie di Zona Merah!

Redaksi Global News