Global-News.co.id
Nasional Utama

Menkopolhukam Apresiasi Langkah Cepat Kepala Daerah Lumajang Tangani Bencana

Menkopolhukam RI, Mahfud MD, saat meninjau lokasi relokasi korban terdampak erupsi Semeru di Desa Sumbermujur

LUMAJANG (global-news.co.id
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD, mengapresiasi kinerja Bupati dan Wakil Bupati Lumajang dalam langkah penanganan kegawatdaruratan bencana erupsi Gunung Semeru.

“Alhamdulillah pemerintah sudah bekerja keras, Pemda Kabupaten Lumajang sudah luar biasa, bahkan dalam waktu tidak lama bisa ‘merayu’ Bu Menteri LHK dan mendapatkan lahan untuk relokasi,” ujar dia saat meninjau lokasi relokasi korban terdampak erupsi Semeru di Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (17/12).

Mahfud MD juga menyampaikan, pembangunan hunian sementara (huntara) menjadi contoh tingginya nilai kegotongroyongan masyarakat, saling bahu-membahu membantu saudara di sekitarnya yang terkena musibah.

“Kita terus bekerja keras relokasi ini bisa segera selesai sehingga masyarakat bisa kembali hidup normal,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, menerangkan, dalam kesempatan tersebut, dirinya mendampingi Menkopolhukam melakukan pencangkulan pertama tanah relokasi bagi warga terdampak bencana erupsi Semeru di Desa Sumbermujur, yang juga turut mendampingi Gus Miftah dan Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron.

“Ini merupakan ‘pencangkulan pertama’ menandai dimulainya pengerjaan pembangunan hunian sementara,” terangnya.

Pemerintah Pusat melalui Menteri KLHK telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Penggunaan Kawasan Hutan (PKH) yang berisi persetujuan penggunana lahan milik Perhutani seluas 90,98 hektare, sesuai SK Nomor : 1256/MENLHK/ SETJEN/ PLA:/12/2021. Lokasi relokasi diputuskan di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro dan Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo. (kmf, lmj)

baca juga :

Pemprov Jatim Terus Dorong Pembangunan Infrastruktur Jalan Lintas Selatan

Redaksi Global News

Benteng Persija Tereduksi, Maman Siap Gantikan Peran Yann Motta

Redaksi Global News

Songsong Laga Vs Arema, Motivasi Meningkat Jelang Derbi Jawa Timur

Redaksi Global News