Global-News.co.id
Sport Utama

Haris Tuharea, Perjuangan Luar Biasa Sebelum Jadi Profesional

Winger Madura United, Haris Tuharea

SOLO (global-news.co.id) – Menjadi pesepakbola profesional dilalui dengan perjuangan yang luar biasa. Seperti itulah yang dialami winger Madura United, Haris Tuharea, yang terlahir bukan dari kalangan bangsawan, bahkan bukan berasal dari daerah perkotaan yang sebagian fasilitas sudah terpenuhi.

Haris gemar bermain sepakbola sejak kecil. Namun, dia tidak pernah mengikuti sekolah sepakbola (SSB). Bomber asal Ambon itu hanya ikut temannya bermain sehingga berpindah-pindah tempat dan klub.

Bahkan, pemain berusia 27 tahun itu menceritakan, dulu saat latihan harus ke gunung. Lantaran tiada kendaraan dari dataran rendah sebagai perkampungan warga ke dataran tinggi, dia bersama teman sebayanya jalan kaki dan terkadang jogging untuk tiba di lapangan. Usaha itu dilakukan hanya untuk mahir bermain sepakbola.

Tapi usahanya tidak sia-sia, saat ikut seleksi Sociedad Anónima Deportiva (SAD) Uruguay, Haris  lolos. Sehingga, dia berangkat ke kawasan Amerika Latin untuk mendalami sepakbola selama dua tahun.

“Lapangan di desa saya itu di gunung. Jadi kalau mau main bola, harus tenaga ekstra. Dulu, tidak ada kendaraan dari bawah ke atas. Lalu, ada seleksi untuk program SAD ke Uruguay. Saya coba, Alhamdulillah berangkat,” ungkapnya sembari mengenang perjuangannya.

Dua tahun tidak pulang-pulang, Haris menyampaikan, momen tersebut yang menjadi masa tersulitnya dalam meniti karir. Karena, dia harus berpuasa Bulan Ramadan dan Lebaran di sana. Padahal, momen itu sejatinya masa berkumpul bersama keluarga.

Yang kian menyakitkan, Haris tidak menemukan masjid untuk salat di Uruguay kala itu. Untuk sekadar salat Idul Fitri, dia harus ke Kedutaan Mesir.

“Teman-teman yang lain sampai nangis ingat keluarga. Habis salat Lebaran, kami hanya pulang ke asrama, itu saja. Tidak seperti di Indonesia yang meriah,” ujarnya.

Namun, perjuangannya itu terbayar tuntas saat ini. Dia bisa berada di klub sebesar Madura United yang tengah berkompetisi di Liga 1 2021. (ins, mdu)

baca juga :

Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus S Minta Hasil TMMD Dirawat dengan Baik 

gas

Pengurus PWI Tuban Periode 2022 – 2025 Resmi Dikukuhkan

gas

BI, BWI, Baznas dan MUI Sepakat Kembangkan Ekonomi Syariah

Redaksi Global News