Global-News.co.id
Nasional Utama

Erupsi Semeru, Relawan Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Relawan penanganan bencana Erupsi Gunung Semeru dilindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Relawan penanganan bencana Erupsi Gunung Semeru dilindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan. Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis diserahkan oleh Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan, Abdur Rahman Irsyadi kepada perwakilan relawan disaksikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Pendopo Arya Wiraraja, Jumat (24/12).

“Alhamdulillah ini sangat membantu kami, bantuan dari berbagai pihak bergantian kepada kami,” ujarnya.

Bupati berterima kasih BPJS Ketenagakerjaan yang juga memberikan perhatian kepada relawan. Ia menyadari bahwa relawan memiliki tanggung jawab dan risiko yang besar saat membantu pemulihan Erupsi Gunung Semeru.

Total ada 200 relawan yang berhasil didata dan mendapatkan perlindungan melalui BPJS Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah (BPU). BPJS Ketenagakerjaan BPU dapat memberikan jaminan bagi para relawan apabila mengalami kecelakaan kerja saat membantu penanganan bencana Erupsi Gunung Semeru.

Manfaat yang didapat oleh para relawan seperti biaya rumah sakit penuh hingga pemberian santuan terhadap kecelakaan cacat tetap maupun cacat sementara. “Salam hormat untuk seluruh keluarga besar BPJS Ketenagakerjaan, bentuk rasa sayangnya sangat membantu kami,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan, Abdur Rahman Irsyadi menjelaskan, selain menyerahkan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi relawan, pihaknya juga menyerahkan sejumlah bantuan dari Keluarga Besar BPJS Ketenagakerjaan. Di antaranya bantuan Aksi Peduli BPJS Ketenagakerjaan sejumlah Rp 75 juta, Aksi Peduli Yayasan Al-Maghfirah Rp 25 juta, Aksi Peduli kepada Nelayan Kab. Lumajang sejumlah Rp 30 juta.

“Kami juga memberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada 200 nelayan Lumajang untuk menjamin dan melindungi mereka,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan santunan kepada ahli waris Huswaniyah Almarhum Sanetro, Perangkat Desa Alun – Alun, Kecamatan Ranuyoso dan Ahli Waris Afaf Almarhum Tomy Yuswantono Permadi BRI.

“Mudah-mudahan kedatangan kami memberikan keberkahan di Jumat yang berkah ini. Kami juga sampaikan rasa bangga bapak bupati bisa memberikan keterlibatan dalam jaminan dan perlindungan tenaga kerja di Lumajang,” ujarnya. (kmf, lmj)

baca juga :

VLCC PERTAMINA PRIME Lakukan Uji Coba Mulai 8 Maret 2021

gas

Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Komitmen Optimalkan Penyaluran BBM

Redaksi Global News

Waspadai Peningkatan Covid-19, Pesta Tahun Baru Ditiadakan

Redaksi Global News