Global-News.co.id
Mataraman Utama

Cegah Radikalisme, Jombang Kukuhkan Dai Kamtibmas

Kapolres Jombang saat menyematkan jas kepada perwakilan dai.

JOMBANG (global-news.co.id) – Polres Jombang bekerjasama dengan kantor Kemenag membentuk Dai Kamtibmas. Selain dakwah ajaran Islam rahmatan lil alamin, para pendakwah juga membantu polisi menyampaikan imbauan kamtibmas ke masyarakat.

Dai Kamtibmas periode 2021-2025 dikukuhkan langsung Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, dengan ditandai penyematan jas warna kuning ke perwakilan pendakwah. Hadir pula Kepala Kantor Kemenag Jombang di acara tersebut.

Agung mengatakan, Dai Kamtibmas di Kota Santri berjumlah 21 orang. Mereka adalah tenaga pendakwah dari Kantor Kemenag Jombang yang ditugaskan di setiap kecamatan. “Saat berdakwah di masjid-masjid, Dai Kamtibmas membantu kami dengan menyisipkan pesan-pesan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),” kata Agung, kemarin.

Ia berharap, Dai Kamtibmas Polres Jombang aktif menyampaikan pesan-pesan kamtibmas secara santun dan memberi kesejukan ke masyarakat. Para pendakwah juga diharapkan mampu mengikis radikalisme yang mengancam keutuhan NKRI. “Semoga dengan dikukuhkan Dai Kamtibmas Polres Jombang semakin membangun sinergi antara kepolisian dengan para ulama dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” terangnya.

Sementara itu Nur Khozin, Perwakilan dari Kemenag Kabupaten Jombang menyambut baik atas terbentuknya Dai Kamtibmas di wilayah Polres Jombang, dan mengimbau kepada pengurus agar mengedepankan Kamtibmas dalam menyampaikan dakwah sesuai dengan tempat dan waktu untuk berdakwah.

“Dengan adanya keberagamaan di masyarakat, menjadi tantangan tugas Dai. Diantaranya adanya paham ekstrimisme maupun radikalisme yang semakin mengancam keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Pengukuhan pengurus Dai Kamtibmas Polres Jombang ditandai dengan menyematkan jas warna kuning kepada perwakilan Dai Kamtibmas Kabupaten Jombang.

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, Kasat Binmas AKP Lely Bachtiar, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jombang, Kanit Binmas Polsek jajaran Polres Jombang dan perwakilan Dai Kamtibmas dari masing-masing kecamatan. fat, aku

baca juga :

Bank Indonesia Jatim Fasilitasi Pemkab Tuban Bentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Titis Global News

Ini Penyebab Pasien COVID-19 Kehilangan Indra Perasa

Redaksi Global News

Atasi Kegawatdaruratan Pediatri dan Neonatal , SIF Gandeng RSU Haji Surabaya

Redaksi Global News