Global-News.co.id
Pendidikan Utama

Unair Perpanjang Kerjasama Riset dengan SKK Migas

Perpanjangan kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi Unair dengan SKK Migas.

SURABAYA (global-news.co.id)  – Unair melangsungkan penandatanganan nota kesepahaman dengan Satuan Kerja Khusus, Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dalam rangka perpanjangan kerjasama riset.

Penandatanganan kesepahaman yang dilakukan oleh Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih SE, MT, Ak, CMA dan Kepala SKK Migas Dr Ir Dwi Soetjipto MM di Hall Rektor Kantor Manajemen lantai 4,  Senin (5/4/2021) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Prof Nasih menyampaikan kerjasama dengan SKK Migas dapat memberikan manfaat bagi belah dua pihak. Dia berharap melalui kerjasama ini, ke depan ada beberapa lulusan Unair untuk membantu penanganan kesehatan di lingkungan kerja Migas bila kondisi lingkungannya tidak stabil.

Kami harap penandatangan kerjasama ini perlu ditindaklanjuti sehingga dapat memberikan manfaat,”  kata Prof Nasih.

Sementara itu Dr Dwi Soetjipto mengatakan perjanjian penandatangan tersebut meliputi 3 bidang yang sejalan dengan Tri Dharma Perguruan, ialah bidang Pengembangan Riset, Pengabdian Masyarakat dan Edukasi Masyarakat. Silang kerjasama tersebut bisa saling berbagi pengalaman lapangan di kampus dari orang lapangan Migas.

Dalam penuturan Dr Dwi, Migas Indonesia menargetkan 1 juta kapasitas barel minyak per hari. Dalam bidang riset, melalui kepakaran peneliti, Unair dapat ikut mengkaji proyek Migas dan memberi saran ke depannya.

“Ketika kami ingin merencanakan projek Migas dengan dana 12 miliar apakah wajar? Di situ pihak kampus bisa mengkaji lebih dalam,” ungkap Dr Dwi.

SKK Migas yang mengusung konsep sustainibilty, melalui pengabdian masyarakat Unair dapat melakukan pendampingan di wilayah kerja pengambilan sumber daya alam. Unair juga dapat melakukan pendampingan ke masyarakat sekitar daerah itu. “Unair bisa memberikan edukasi sehingga masyarakat bisa berkembang,” Jelasnya.

Nantinya riset yang dilakukan Unair dengan SKK migas akan melibatkan pakar dan peneliti Unair terutama yang ahli di bidang kesehatan dan sumber daya manusia untuk membantu pengembangan kinerja orang lapangan. Selain kesehatan, Dr Dwi berharap di sektor Manajemen dapat membantu dalam pengelolaan marketing dan keuangan.

“Selain itu, karena Unair baru membangun Fakultas Teknik baru (Fakultas Teknologi Maju dan Multi Disiplin), dapat tumbuh bersama dari sisi teknologi,” ujarnya.

Melalui kerjasama ini SKK Migas siap memberikan sosialiasi yang dibutuhkan Unair serta mewujudkan langkah konkrit kerjasama. tri

baca juga :

Sri Mulyani Bekerja dari Rumah, Pastikan dalam Kondisi Sehat

Redaksi Global News

FEKDI 2021, Sinergi dan Percepatan Digitalisasi Dorong Integrasi Ekonomi dan Keuangan

Titis Global News

Pemkot Surabaya Gerak Cepat Bantu Perahu Nelayan yang Rusak Akibat Diterjang Gelombang Pasang

Redaksi Global News