Global-News.co.id
Mancanegara Utama

Inggris Beri Bantuan Ukraina Rp 1,44 Triliun

Deretan kendaraan lapis baja milik tentara Rusia yang berhasil dikalahkan militer Ukraina

KYIV (global-news.co.id) – Inggris menambahkan bantuan dana sebesar US$100 juta (setara dengan Rp1,44 triliun; asumsi kurs Rp14.412) kepada Ukraina melalui Bank Dunia. Dana itu merupakan tambahan terhadap total dana US$290 juta (setara Rp4,17 triliun) dukungan untuk Ukraina yang sedang menghadapi invasi Rusia.

Dilansir dari AFP, Senin (7/3), Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, mengumumkan bakal meningkatkan bantuan kepada Ukraina dalam upaya baru untuk menggalang opini internasional menentang invasi Rusia.

“Sementara, hanya Presiden Rusia Vladimir Putin yang dapat sepenuhnya mengakhiri penderitaan di Ukraina, pendanaan baru hari ini akan terus membantu mereka yang menghadapi situasi kemanusiaan yang memburuk,” kata Johnson.

Ia mengatakan pendanaan baru ini akan digunakan untuk menjaga fungsi utama negara tetap beroperasi.

Pemimpin Inggris itu dikabarkan akan bertemu PM Belanda Mark Rutte dan PM Kanada Justin Trudeau. Mereka akan mengunjungi pangkalan Angkatan Udara Kerajaan sebelum mengadakan konferensi pers bersama.

Esok harinya,Johnson akan bertemu dengan para pemimpin dari empat negara Visegrad, Hongaria, Polandia, Republik Ceko dan Slovakia.

Pertemuan minggu ini adalah bagian dari rencana enam poin yang diresmikan kantor Johnson yang dirancang untuk memastikan invasi Rusia ke Ukraina gagal.

Sebelumnya, Dana Moneter Internasional (IMF) berjanji akan mengabulkan permintaan Ukraina dengan memberi US$1,4 miliar (setara Rp20,14 triliun) berupa pembiayaan darurat ke dewan eksekutif paling cepat minggu depan.

IMF juga sedang dalam pembicaraan dengan negara tetangga Moldova untuk opsi bantuan, mengingat negara-negara dengan hubungan ekonomi yang dekat dengan Rusia juga berisiko mengalami gangguan pasokan.

Sampai awal pekan lalu, IMF mengungkapkan Ukraina memiliki dana siaga US$2,2 miliar atau setara Rp31,6 triliun (asumsi kurs Rp14.387 per dolar AS) yang tersedia antara sekarang dan Juni. (cnn, ins)

baca juga :

Tahun Ini Pemkab Pamekasan Sediakan Rp 45 Miliar Pengganti Iuran BPJS Warga Miskin 

gas

Presiden Jokowi ‘Groundbreaking’ Smelter Freeport di Gresik

Redaksi Global News

4 Orang Dilaporkan Tewas dalam Kerusuhan Massa Trump di Gedung Capitol

Redaksi Global News