Global-News.co.id
Mataraman Utama

Bappeda Nganjuk Buka Musrenbang, Siapkan 14 Program Prioritas

Sekda saat menghadiri musrenbang bersama Bappeda Nganjuk.

NGANJUK (global-news.co.id) – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2022, Rabu (24/3/2021).

Kegiatan yang berlangsung di ruang Planning Center Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nganjuk tersebut berlangsung daring dan dibuka oleh Sekda Kabupaten Nganjuk Drs Mokhamad Yasin MSi.

Dalam laporannya Kepala Bappeda Kabupaten Nganjuk Drs Adam Muharto MSi menyampaikan bahwa pelaksanaan musrenbag ini untuk penyempurnaan RKPD Kabupaten Nganjuk tahun 2022 yang disusun berdasarkan  rencana kerja  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan hasil Forum Lintas Daerah.  Dan ini sesuai Permendagri No 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.  Juga Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJD, RPJMD dan RKPD.

Sementara itu, mewakili Bupati Nganjuk H Novi Rahman Hidhayat SSos, MM, Sekda Yasin menyampaikan 14 program unggulan Kabupaten Nganjuk pada RKPD 2022.

Program tersebut di antaranya, pembangunan infrastruktur jalan, peningkatan profesionaliasme birokrasi yang bersih korupsi, pengentasan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta penguatan pendidikan diniyah.

Kemudian, penguatan layanan kesehatan masyarakat, menjadikan Nganjuk destinasi wisata, optimalisasi dan revitalisasi pasar tradisional, menjadikan Nganjuk agropolitan, mewujudkan Nganjuk ramah anak dan responsif gender, melestarikan seni budaya dan kearifan lokal, revitalisasi bidang pertanian dan peternakan, pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif serta pengembangan jejaring komunikasi.

Dari 14 program unggulan itu, Sekda Yasin mengatakan bahwa seluruhnya sudah sesuai dengan tema musrenbang tersebut. Yakni ‘Pemulihan Ekonomi dengan Penguatan Sektor Unggulan Daerah Berbasis Pertanian, Pariwisata, Industri dan Perdagangan dengan Didukung SMD dan Infrastruktur Berkualitas’.

“Keterbatasan kemampuan anggaran jangan menjadi penghalang untuk mewujudkan pembangunan daerah yang efektif, efisien, adil.  Program kegiatan pembangunan harus tetap dalam koridor prioritas pembangunan tahunan sebagai manivestasi visi misi pemerintah Kabupaten Nganjuk yang termuat didalam RPJMD Kabupaten Nganjuk. Seluruh perangkat daerah harus berusaha untuk berinovasi dalam mewujudkan program-program unggulan Kabupaten Nganjuk dengan menuangkan dalam rencana kerja masing-masing perangkat daerah,” tegas Sekda Yasin.

Perlu diketahui, musrenbang di tingkat kabupaten ini merupakan lanjutan dari rangkaian pelaksanaan musrenbang dari tingkat yang lebih kecil sebelumnya. Yaitu di tingkat desa atau kelurahan, kemudian tingkat kecamatan yang telah berlangsung sebelumnya.

Sedangkan dalam rangkuman musrenbang penyusunan RKPD  2022, terdapat sebanyak 1.016 usulan dari masyarakat desa. Kemudian sebanyak 714 usulan pokok pikiran yang telah dimasukkan dalam Sistem Informasi Perangkat Daerah (SIPD).

Sedangkan hasil dari forum lintas OPD, ada sebanyak 67 usulan dari 12 kecamatan. Termasuk usulan dari reses yang diselenggarakan oleh anggota DPRD. Turut hadir dan memberi arahan Kepala Bakorwil Bojonegoro Dr Ir Dyah Wahyu Ermawati MA. isk

baca juga :

Ikuti Maman dan Tony, Osvaldo Bertahan di Persija

Redaksi Global News

Israel Perintahkan Pembongkaran Bangunan Palestina

Redaksi Global News

Dukung Upaya Pemulihan Lahan TWA Ijen, Pertamina Tanjung Wangi Tanam 1.000 Bibit Cemara

Redaksi Global News