Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Titik Black Box Sriwijaya Air Ditemukan, KM Basudewa Merapat Bawa Alat Khusus

 

Istimewa
Posisi keberadaan black box Sriwijaya Air SJ 182 telah ditemukan dan ditandai untuk diangkat ke permukaan.

JAKARTA (global-news.co.id)  – Basarnas memastikan titik keberadaan black box Sriwijaya Air SJ 182 telah ditemukan dan ditandai untuk diangkat ke permukaan.
“Kami meyakini itu black box (Sriwijaya Air) karena pancaran atau transmit emergency yang ada di dua alat tersebut,” kata Kepala Basarnas Bagus Puruhito dalam konferensi pers di JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021).

Menindaklanjuti hal itu tersebut KM Basudewa milik Basarnas telah merapat ke KRI Rigel. KM Basudewa membawa peralatan milik Basarnas dan KNKT untuk menindaklnjuti pencarian black box.
“Saat ini KM SAR Basudewa telah membawa peralatan dari Basarnas dan KNKT, yaitu direction finder, merapat ke KRI Rigel,” kata Bagus.

Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono membenarkan informasi yang diberikan oleh Bagus Puruhito.
Ditambahkan Soerjanto, KNKT juga sudah menurunkan tiga alat pinger finder, dan alat tersebut sudah berada di KRI Rigel.
“Akan segera dilakukan oleh para penyelam dengan menggunakan portable pinger finder,” ungkap Soerjanto.

Soerjanto berharap pencarian black box ini tidak akan terlalu lama. “Mudah-mudahan tidak terlalu lama mendapatkan kedua black box tersebut,” katanya.

Posko Post-Mortem RS Polri
Sementara itu RS Bhayangkara Polri Kramat Jati telah mendirikan posko post-mortem untuk mengidentifikasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Kepala RS Polri Kramat Jati Brigjen Pol Asep Hendriana dalam konferensi pers pada Minggu (10/1/2021) mengungkap pihaknya telah menerima satu kantong jenazah yang dikirim dari tim di Tanjung Priok. “Sampai sekarang telah menerima laporan dari 12 keluarga korban dan kita juga di posko post-mortem telah menerima satu buah kantong jenazah yang berisi body part,” ujarnya.

Dalam proses identifikasi jenazah, Polri juga melibatkan sejumlah pihak terkait, termasuk Inafis, hingga Kemenkes, Kemensos dan TNI.

RS Polri juga telah menyiapkan pendampingan psikologi dan keagamaan untuk keluarga dan kerabat korban. jef, ins

baca juga :

Antisipasi Virus Corona, Sekolah di Surabaya Manfaatkan Lahan untuk Budidaya Empon-empon

1 Kg Cabai di Tuban Tembus Rp 60 Ribu

Redaksi Global News

BPSDM Jatim Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Pasca Dirawat

Redaksi Global News