Global-News.co.id
Indeks Madura Utama

Khalil Asyari Ajak Warga Terus Bantu Palestina

Wabup Khalil Asyari menyerahkan donasi untuk warga Palestina dalam konser amal ‘Dari Madura untuk Palestina”. (GN/Masdawi Dahlan)

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Wakil Bupati Pamekasan Drs Khalil Asyari mengajak masyarakat yang mampu untuk terus membantu umat Islam Palestina, sekalipun penyalurannya tidak harus melalui kesempatan khusus. Banyak jalur yang bisa dipakai untuk memberikan bantuan kepada rakyat Palestina.

Khalil mengungkapkan hal itu saat memberi sambutan singkat dalam acara konser amal “Dari Madura Untuk Palestina, yang mendatangkan penyanyi religius Aunur Rofiq Lil Firdaus atau yang lebih dikenal dengan panggilan Opick di lapangan depan Pendopo Ronggosukowati, Sabtu (13/1/2018) pagi . Kegiatan ini hasil kerjasama antara Pemkab Pamekasan dengan sejumlah elemen lain.

Dalam acara itu, Khalil menyerahkan secara simbolis dana sumbangan warga Pamekasan kepada perwakilan Sahabat Palestina Memanggil, elemen penyelenggara kegiatan ini. Khalil berharap agar bantuan terhadap Palestina terus dilakukan. Jika tidak bisa hari ini, kata dia, bisa hari hari lainnya.

“Memberikan bantuan kepada masyarakat Palestina tidak cukup hanya pada acara khusus pada hari ini. Tetapi diharapkan masyarakat yang mungkin pada hari ini tidak tahu, diharapkan bantuannya tetap bisa diberikan melalui jalur yang resmi di hari hari lainnya,” katanya.

Dana yang terkumpul dari konser amal kemanusiaan bertajuk “Dari Madura untuk Palestina” lumayan besar, yakni mencapai Rp 856,3 juta. Dana ini hampir mencapai target donasi Rp 1 miliar. Dana yang terkumpul itu bersumber dari banyak donatur. Baik donatur atas nama perseorangan atau yang dikoordinasi oleh instansi. Di antara donatur instansi yang cukup besar berasal dari Dinas Pendidikan Pamekasan yang mampu mengumpulkan Rp 100 juta lebih.

Ada pula dana yang terkumpul dari penggalangan dana bagi pengguna jalan raya yang dilakukan panitia melalui organisasi yang terlibat menggalang dana di jalan raya. Seperti yang dilakukan tim Rumah Inspirasi Kita (RIK) yang menggelar penggalangan dana di Jalan Trunojoyo dan tim Hijabi Madura di Jalan Jokotole, Kota Pamekasan.

Metode pengumpulan dana terakhir dilakukan melalui lelang amal yang dilakukan pada saat Konser amal kemanusiaan di lapangan Pendapa Ronggosukowati. Ada lelang seharga Rp 20 juta, Rp 10 juta, Rp 5 juta, Rp 1 juta, dan Rp 500 ribu. Lelang ini dipimping langsung oleh penyanyi religi Opick.

Opick saat tampil dalam konser amal “Dari Madura untuk Palestina”

“Ini satu hal yang luar biasa bagaimana dari Madura peduli kepada Palestina. Untuk makanan, untuk obat-obatan, untuk anak-anak yatim di Palestina. Membantu memang tidak harus ke luar negeri. Di Madura tentu masih banyak orang miskin. Akan tetapi saat ini kondisi di Palestina sedang membutuhkan uluran tangan dari pihak luar, “ kata Opick.

Kepedulian warga Madura terhadap Palestina, kata Opick, cukup kuat. Ada rasa empati dan simpati yang ditunjukkan warga Pulau Garam untuk masyarakat Palestina. Konser amal ini, lanjutnya, untuk meringankan beban saudara seiman dan seagama di Palestina. Mereka saat ini dalam kondisi tidak berdaya. Di samping kesulitan mendapatkan makanan, mereka butuh peralatan lain untuk bertahan hidup seperti obat-obatan, selimut dan lain sebagainya.

Selain berorasi, Opick juga melantunkan beberapa lagu religi seperti lagu ‘Assalamu’alaikum’ yang dinyanyikan bersama siwa-siswi raudhatul athfal (RA) dan sekolah dasar (SD). Opick juga berduet dengan penyanyi lokal Pamekasan Khanza Nabila. Bersama Khanza, Opick menyanyikan lagu ‘Maha Melihat’ dan ‘Takdir’. (mas/*)

baca juga :

Pemkot Surabaya Hapus Denda PBB

Redaksi Global News

Bupati Suprawoto Jawab Temuan BPK, Kekeringan hingga Pengurangan Dana Desa

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya Resmikan Rusunawa dan Kolam Renang Jambangan

Redaksi Global News