Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Risma Bawa “Oleh-Oleh” Mobil Damkar Dari Kota Kochi

Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat memberikan keterangan kepada wartawan.

SURABAYA (global-news.co.id)-Pemerintah Kota Surabaya akan mendapatkan bantuan mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Kochi. Pembahasan bantuan mobil pemadam kebakaran tersebut menjadi salah satu “oleh-oleh” dari kunjungan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini ke Jepang pada pekan lalu.

“Di Jepang saya mampir ke Kochi. Salah satunya untuk menyampaikan tentang mobil pemadam kebakaran yang tidak terpakai,” ujar Wali Kota Tri Rismaharini kepada wartawan.

Menurut wali kota, meski sudah tidak terpakai, tetapi kondisi mobil kebakaran di Kochi masih sangat bagus. Ini karena frekuensi kebakaran di Kochi terbilang rendah. Terlebih jumlah penduduknya juga sedikit. “Meski bekas tapi kondisinya masih bagus karena mereka jarang pakai. Karena di sana jarang sekali ada kebakaran. Selama lima tahun, ada yang (kilometer nya) masih di bawah 1000 kilometer,” ujar wali kota.

Selain itu, wali kota juga melihat langsung bagaimana praktek pemadaman kebakaran petugas pemadam di Kochi. Menurutnya, dibandingkan dengan Kochi, petugas Damkar di Surabaya tidak kalah sigap. “Melihat cara prakteknya mereka, anak-anak (petugas pemadam kebakaran di Surabaya) tidak kalah. Tetapi mereka tempat kerjanya sangat bersih,” sambung wali kota yang telah meraih banyak prestasi tingkat internasional ini.

Pembahasan mobil pemadam kebakaran tersebut sekaligus menjadi tindak lanjut dari kerja sama antara Pemkot Surabaya dan Pemkot Kochi. Sebelumnya, pada 9 Juli 2017 lalu, Pemerintah Kochi datang ke Surabaya terkait 20 tahun sister city diantara kedua kota. Kala itu, kedua pemerintah sepakat, di tahun ke-20, kerjasama akan semakin ditingkatkan dalam bentuk saling membantu. Salah satunya, kebutuhan mobil pemadam kebakaran kota Surabaya akan dibantu oleh pemerintah kota Kochi.

Sebelumnya, sambung wali kota, Pemkot sudah pernah mendapatkan bantuan mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kobe. “Beberapa tahun dapat dari Kobe. Ini sudah saya petakankebutuhannya untuk Surabaya.Nanti armadanya tambah. Sekarang respons time nya sudah di bawah 7 menit,” pungkas wali kota. * pur

baca juga :

Car Free Day: Bojonegoro Gelar Red Carpet Fashion Street

Redaksi Global News

Pentingnya Pengelolaan Keuangan Digital, Hindari Kerugian Pelaku Bisnis

DRD Siap Membantu Pemkab Pamekasan

gas