Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Parkir Minim, Keluarga CJH Diminta Tak Mengantar ke AHES

Rombongan CJH saat tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

SURABAYA (global-news.co.id)-Aturan karantina sehari bagi calon jamaah haji (CJH) sebelum diberangkatkan ke tanah suci melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya, kerap kali dimanfaatkan keluarga CJH untuk mengantar atau sekedar melepas kangen kepada CJH. Maklum untuk Haji regular, CJH akan meninggalkan keluarga selama 40 hari untuk menjalankan ibadah di tanah suci.

Kegiatan tersebut memang tidak dilarang, namun untuk tahun 2017 ini keluarga CJH dianjurkan tidak ikut mengantar CJH hingga ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES). Sebab, saat ini asrama haji Sukolilo tidak memiliki lahan parkir yang luas.

Area parkir di Asrama Haji diperkirakan hanya mampu menampung 10 mobil. Karena, lahan kosong yang dulunya dijadikan lahan parkir bagi keluarga CJH sekarang ini sedang dilakukan pembangunan gedung baru. Pihak asrama menargetkan, akhir tahun ini gedung tersebut selesai. Sehingga pada musim haji tahun depan bisa digunakan oleh CJH.

“Jadi kalau penghantar ke asrama membawa mobil, akan susah parkirnya. Apalagi sedang ada pembangunan di asrama,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur, Achmad Faridul Ilmi, Kamis (27/7/2017).

Farid meminta keluarga cukup menghantar CJH di pos daerah masing-masing. Bila memaksakan menghantar dan parkir kendaraan di luar asrama, Farid khawatir, itu akan mengganggu lalu lintas. “Kami sesuai protap saja, ada pengamanan dari petugas. Pengaturannya diperketat. Makanya kami imbau agar pengantar cukup mengantar di daerah masing-masing,” kata Farid.

Farid mengatakan Embarkasi Surabaya siap menerima kedatangan jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) 1 har ini. Petugas memasang sejumlah alat di Embarkasi Surabaya untuk memeriksa calon haji dan barang bawaan sebelum berangkat ke Tanah Suci. “Sedangkan untuk cek kesehatan, nanti di asrama juga dilakukan pemeriksaan. Terutama wanita usia subur akan diperiksa setiap kedatangan,” ujarnya.

Farid pun memastikan visa jemaah sudah siap. Sehingga, penerbangan CJH siap dilakukan pada Jumat (28/7/2017) besok. “Hari ini tadi kloter pertama dari Kediri sudah masuk AHES,” terang Farid.

Farid menambahkan, selain kloter pertama, Kamis ini ada dua kloter lagi yang masuk AHES, yakni kloter dua dan tiga. “Ketiga kloter ini, besok Jumat akan diberangkatkan ke Tanah Suci oleh Gubernur Jatim Soekarwo,” pungkasnya. * mtr, nas

baca juga :

Sambil Sosialisasi, Transmart Peringati HUT Ke-4 di Camplong

Redaksi Global News

1 Januari 2017, Car Free Day di Kota Surabaya Ditiadakan

Redaksi Global News

Persebaya Fokus Menang Lawan Persik

Redaksi Global News