Global-News.co.id
Indeks Madura Utama

Dr Ir Risqina Resmi Jabat Rektor Unira 2017-2021

Rektor baru Unira Dr Ir Risqina saat menyampaikan sambutannya usai dilantik jadi Rektor Unira masa jabatan 2017-2021, Senin (31/7/2017). GN/Masdawi

 

PAMEKASAN(global-news.co.id)-Dr Ir Risqina MP, resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Madura (Unira) Pamekasan masa jabatan 2017-2021. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengurus Yayasan Unira Pamekasan Drs H Amiril MSi, di aula utama Kantor Pusat Unira Jalan Trunojoyo Pamekasan, Senin (31/7/2017).

Risqina terpilih memimpin Unira menggantikan Drs H Abd Rosiq Rektor Unira yang telah habis masa jabatannya tahun 2017 ini. Dalam pelantikan tersebut, tampak hadir civitas akademika Unira, Ketua Pembinan Yayasan Unira Dr Kadarisman Sastrodiwirjo, Wakil Bupati Pamekasan Drs Khalil Asyari, pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta se-Pamekasan, dan sejumlah mitra kerja Unira dari kalangan Perbankan di Pamekasan.

Sebagai nahkoda yang akan memimpin Unira empat tahun ke depan, Risqina diharapkan mampu melanjutkan berbagai program dan terobosan yang telah dirintis dan dijalankan oleh pemimpin sebelumnya. Lebih dari itu, Risqina juga diharapkan mampu merintas terobosan baru yang akan mempercepat kemajuan Unira ke depan.

Mantan Rektor Unira periode 2013-2017, Abd Rosiq mengungkapkan, Unira kini telah mengalami banyak kemajuan yang membanggakan. Di antaranya, Unira kini memiliki terobosan mensyaratkan rektornya harus berpendidikan S3 atau bergelar doktor. Langkah ini merupakan satu-satunya langkah menarik di lingkungan universitas swasta di Madura.

Unira selama ini juga membuat terobosan dengan memberikan  beasiswa penuh kepada para dosennya, untuk mengikuti jenjang pendidikan pasjasarjana S2 hingga S3. Dan hingga kini semua dosen Unira telah memenuhi persyaratan minimal berpendidikan  S2.

“Dua terobosan di atas merupakan satu-satunya di PTS Madura hanya di Unira. Persyaratan Rektor harus S3, misalnya itu memang tidak wajib menurut ketentuan pemerintah, namun kita di Unira buat persyaratan itu dengan harapan Unira akan lebih berkualitas. Dan itu bisa kita lakukan mulai Rektor masa jabatan 2017-2021 ini,” kata Rosiq.

Ketua Pengurus Yayasan Unira, Amiril meminta, agar Rektor baru Unira bisa mengoptimalkan lagi terobosan baru, untuk lebih menjadikan Unira sebagai universitas yang dikenal, dan dibutuhkan oleh masyarakat secara luas. Salah satu saran yang disampaikan Amiril adalah Unira diminta untuk meningkatkan kinerja bidang penelitian.

“Kita punya tenaga bidang penelitian yang handal yang juga sering dipakai ITS Surabaya. Misalnya saat ini masalah garam menjadi krusial. Saya yakin kita bisa melakukan riset tentang persoalan garam dan dinamikanya itu untuk kita sumbangkan ke masyarakat. Saya yakin bisa,” kata Amiril yang juga mantan rektor Unira 1994-2013.

Sementara itu, Risqina dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh yayasan, dan civitas akedemika Unira lainnya, dalam memimpin Unira. Risqina berjanji akan berupaya untuk melanjutkan keberhasilan para rektor sebelumnya, serta mencari terobosan baru untuk kemajuan Unira ke depan. * mas

baca juga :

Warga Jember Syukuran Rayakan Sanksi Terhadap Bupati Faida

Redaksi Global News

Wagub Emil Dorong Angkatan Kerja Muda Bertahan di Era Normal Baru Melalui MJC

Redaksi Global News

Kapal China Ngotot Bertahan di Natuna, TNI Kirim 8 KRI untuk Berpatroli

Redaksi Global News