Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Menkes Targetkan Vaksinasi Covid-19 Tahap II Tuntas Akhir Juni

Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menyaksikan pelaksanaan vaksinasi di Gedung Olahraga dan Serbaguna Samator, Sabtu (27/2/2021).

SURABAYA (global-news.co.id) – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan vaksinasi Covid-19 tahap kedua tuntas pada akhir Juni 2021. Vaksinasi tahap kedua itu menyasar para lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik.

Saat menghadiri kegiatan vaksinasi massal untuk lansia di Gedung Olahraga dan Serbaguna  Samator, Sabtu (27/2/2021), Menkes mengatakan, pada tahap kedua targetnya 38 juta orang atau 76 juta suntikan. Dari jumlah itu 21 juta orang di antaranya adalah lansia dan 16 juta petugas layanan publik.

“Mengapa lansia, karena mereka orang-orang yang berisiko tinggi.  Kalau terkena banyak yang wafat atau fatality rate-nya besar,” ujarnya didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Menkes menyebut, baru sekitar 150 ribuan lansia yang sudah divaksin, karena memang baru dimulai dalam minggu ini. Agar target 21 juta lansia itu bisa terpenuhi sampai akhir Juni, pihaknya juga membutuhkan banyak dukungan dari masyarakat. “Nggak bisa programnya pemerintah sendiri. Tapi harus jadi semacam gerakan, di mana modal sosial masyarakat itu harus kita rangkul,” ungkapnya.

Kalau tahap kedua ini ditargetkan selesai pada akhir Juni, karena permasalahannya ada di suplai vaksin. Budi mengungkap, vaksin kini jadi rebutan di seluruh dunia. “Banyak negara yang belum kebagian, tetangga-tetangga kita juga belum kebagian. Sedang negara besar seperti Australia atau Jepang, baru akan memulai vaksinasi. Kita bersyukur bisa dapat. Karena populasi kita banyak,  jadi disuntiknya bertahap,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Budi mengapresiasi Pemprov Jawa Timur dan Samator Grup yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk para lansia yang ada di Surabaya. “Saya berterima kasih pada Ibu Khofifah, Ibu Gubernur, Bapak Arif dari Samator yang sudah menyumbangkan modal sosial mereka untuk mengumpulkan senior-senior yang ada di Surabaya untuk bisa divaksinasi. Mudah-mudahan bisa menjadi contoh teman-teman di daerah lain yang punya resources, punya akses untuk mengajak para lansia agar bisa segera divansin, sehingga mereka segera terlindungi dari penyakit ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Pemprov Jatim menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 bagi para awak media atau wartawan. Sekitar 500 orang menjalani vaksinasi yang digelar di Gedung Binaloka Pemprov Jatim. Wartawan masuk dalam kelompok sasaran tahap dua karena saat menjalankan tugasnya dianggap rentan terpapar Covid-19. ret

baca juga :

Soal Dirut Baru, Telkomsel Tunggu Pemegang Saham

Redaksi Global News

Banyak Jalan Rusak, Pj Bupati Sidoarjo Minta Maaf

Redaksi Global News

Pelindo III Bantu Korban Banjir Kalimantan Selatan

Redaksi Global News