Global-News.co.id
Utama

Mabuk di Kokpit, Pilot Kanada Ditangkap

GN/Ilustrasi Seorang pilong maskapai penerbangan Sunwing ditemukan dalam kondisi mabuk di kokpit pesawat.
GN/Ilustrasi
Seorang pilong maskapai penerbangan Sunwing ditemukan dalam kondisi mabuk di kokpit pesawat.

MONTREAL (global-news.co.id)-Kejadian yang mirip di Indonesia juga ditemukan di Kanada. Seorang pilot maskapai Sunwing kedapatan mabuk di dalam pesawat yang hendak dia terbangkan dari bandara Calgary di Kanada barat.

Pilot berusia 37 tahun itu ditemukan mabuk tidak lama setelah pukul 07.00 (1200 GMT) di dalam kokpit pesawat yang seharusnya dia terbangkan menuju Cancun, Meksiko.

Sebelum pesawat tersebut dijadwalkan lepas landas, kru dan staf penerbangan yang lain menyadari bahwa sang pilot bersikap aneh sebelum dia pingsan di dalam kokpit. Mereka kemudian memberi tahu pihak berwenang.

Menurut juru bicara kepolisian, pilot tersebut dikawal keluar dari pesawat dan terpaksa menjalani penahanan. Otoritas menyatakan tes kesehatan terhadap pilot tersebut menunjukkan di dalam darah si pilot terkandung alkohol tiga kali lipat lebih banyak dari yang diizinkan (0,08 persen di Kanada) di dalam tubuhnya dua jam setelah ditangkap.

Pilot itu didakwa mengendalikan pesawat dalam keadaan terganggu, dan tuduhan lain.

Seorang juru bicara Sunwing berterima kasih kepada kru yang sudah menangani “hal yang sangat disayangkan itu” menurut warta media lokal.

Sebagaimana diberitakan kantor berita AFP, penerbangan itu tetap berangkat dengan pilot lain mengemudikan pesawat Boeing 737 dengan 99 penumpang dan enam awak tersebut.

Seperti diketahui pula, di Indonesia, baru baru ini, seorang pilot maskapai Citilink juga dipecat karena diketahui mabuk saat hendak menerbangkan pesawat. Kejadian tersebut juga berakibat muncurnya dua petinggi anak perusahaan maskapai nasional Garuda Indonesia.(ant/faz)

baca juga :

Merapat ke Bali United, Novri Siap Pindah Posisi

Tertangkap di Jogja, Pelarian Pelaku Pembunuhan Wanita di Sugihwaras Berakhir

Surabaya Raih Penghargaan Kota Layak Anak Lima Kali Beruntun