Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Festival Rujak Uleg Surabaya Kategori 110 Karisma Even Nusantara

Gelaran Festival Rujak Uleg Surabaya Kategori 110 Karisma Even Nusantara

SURABAYA (global-news.co.id) – Festival Rujak Uleg yang digelar di Jalan Kembang Jepun, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, setiap peringatan Hari Jadi Kota Surabaya masuk dalam 110 Karisma Even Nusantara Tahun 2023, kalender kegiatan wisata yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Festival Rujak Uleg dalam rangkaian peringatan ulang tahun Kota Surabaya ke-730 rencananya digelar di Jalan Kembang Jepun pada 6 Mei 2023.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Surabaya Farah Andita Ramdhani di Surabaya, Jumat, menyampaikan bahwa Festival Rujak Uleg merupakan bagian dari upaya untuk mempromosikan makanan khas daerah sekaligus melestarikan seni dan budaya Kota Pahlawan.

Farah menyampaikan bahwa pengusulan pemasukan Festival Rujak Uleg dalam 110 Karisma Event Nusantara melalui beberapa tahapan.

“Awalnya kami mengajukan di level Pemerintah Provinsi Jatim, jadi ada tim kurator dari provinsi, kemudian lolos dan masuk ke level nasional. Jadi bukan hanya penyelenggaraan even secara rundown dan layout, tetapi kami menjabarkan mulai dari persiapan peserta hingga manajemen risiko,” katanya.

Dengan demikian, ia menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengetahui seluruh proses penyelenggaraan festival, termasuk penyiapan tim medis dan jalur evakuasi.

“Karena kami menyelenggarakan festival kuliner, mereka juga menaruh perhatian pada kesehatan mengenai kebersihan cingur, sebab dulu ada isu mengenai PMK (penyakit mulut dan kuku). Maka, kita jelaskan bahwa kami bekerja sama dengan rumah potong hewan Surabaya yang memastikan kebersihan cingur,” katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan Festival Rujak Uleg melibatkan 65 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kya-Kya Surabaya.

Para pelaku UMKM, ia mengatakan, akan mendapat tempat di sisi barat dan timur Jalan Kembang Jepun. Pemerintah Kota Surabaya juga menyediakan stan khusus untuk penjualan barang oleh-oleh seperti kaos dan gantungan kunci.

“Tak hanya itu saja, untuk menarik wisatawan yang lainnya, pemkot menggandeng 20 lebih hotel di Surabaya untuk bundling paket menginap plus akses menyaksikan Festival Rujak Uleg di dekat area VIP,” kata Farah.

Ia mengatakan bahwa layanan bus menuju ke tempat pelaksanaan Festival Rujak Uleg akan disediakan di hotel-hotel yang bekerja sama dengan pemerintah kota. (pur)

baca juga :

Gubernur Khofifah Nilai PDRB Sektor Pariwisata Jatim Naik Signifikan

Redaksi Global News

BNI-KONI Gelar Turnamen Golf Antar Perusahaan “BNI-KONI Open 2023”

Cuti Bersama Idul Adha 1444 H, BNI Tetap Layani Transaksi KUR dan BWU

Redaksi Global News