Global-News.co.id
Madura

Bupati Syafii Bantu Balita Berpenyakit Kulit Kronis Alfa Firdausiyah

IST MINTA BERSABAR: Bupati Pamekasan Syafii saat menjenguk Alfa Firdausiyah warga Pamekasan yang kini dirawat di RSU dr Soetomo Surabaya.
IST
MINTA BERSABAR: Bupati Pamekasan Syafii saat menjenguk Alfa Firdausiyah warga Pamekasan yang kini dirawat di RSU dr Soetomo Surabaya.

PAMEKASAN (Global News)-Bupati Pamekasan Achmad Syafii, Selasa (19/7/2016) siang, menjenguk Alfa Firdausiyah (4) warga Desa Trasak Kecamatan Larangan Pamekasan. Bocah ini tengah dirawat di Graha Amerta Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Soetomo Surabaya, akibat menderita penyakit kulit kronis disekujur tubuhnya.

Firdausiah dirujuk ke di RSU Dr Soetomo Surabaya sejak Senin (18/7/2016) lalu. Dia ditemani oleh dua orang tuanya yakni Asis (47) ayah dan ibunya Suliha (40). Firdausiyah dirujuk ke RSU Dr Soetomo karena pihak Dinas Kesehatan Pamekasan, memutuskan untuk merujuk ke Surabaya karena tidak memungkinkan untuk ditangani oleh RSUD Pamekasan.

Hingga kini penyakit kulit jenis apa yang diderita oleh Firdausiah masih belum diketahui, dan masih dalam observasi pihak dokter. Penyakit itu diderita oleh Firdausiyah sejak dia berumur 7 bulan. Selama ini dilakukan pengobatan dengan menggunakan obat kulit, dan semacam obat-obatan gatal serta obat alternatif lainnya.

Dalam kesempatan bertemu dengan Firdausiyah dan orang tuanya, Bupati Syafii meminta agar orang tuanya bersabar dan tabah meladeni dan merawat anaknya. Dia juga meminta agar orang tua Firdausiyah tidak perlu memikirkan masalah biaya, karena biaya pengobatan dan penanganan ditangani oleh BPJS yang diurus oleh Pemkab Pamekasan.

Syafii sendiri juga menyerahkan bantuan bagi orang tua Firdausiyah sebagai biaya dan bekal hidup selama merawat anaknya di rumah sakit. Syafii juga memita kepada pihak terkait di Pemkab Pamekasan agar menangani semua keperluan kebutuhan hidup orang tua Firdausiyah, selama menjalani perawatan di RSU dr Soetomo hingga sembuh total.

Selain Pemkab Pamekasan, penyakit yang diderita Firdausiyah ternyata juga mendapat perhatian dari masyarakat. Bahkan Pihak Pemkab mengetahui adanya penyakit yang diderita Firdausiyah ini dari laporan seorang staf di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono.

Dia yang melaporkan kepada Dinas Kesehatan Pamekasan tentang penyakit yang diderita Firdausiyah. Lalu Dinas Kesehatan menindaklanjutinya dan merujuk segera ke RSU dr Soetomo Surabaya, dengan alasan tidak memungkinkan untuk dirawat di rumah sakit daerah Pamekasan.

Budi Cahyono mengatakan bahwa kini juga banyak partisipasi dari warga masyarakat, yang terketuk hatinya membantu menyumbangkan dana untuk meringankan beban keluarga Firdausiyah. Sejumlah bantuan dana dari dermawan sudah terkumpul, dan sebagian besar telah diberikan kepada orang tua Firdausiyah. * mas*

baca juga :

TNI AL dan BKKBN Gelar Program Keluarga Keren Bebas Stunting di Madura

Sinergi Pemberdayaan Koperasi dan UKM Menuju Pamekasan Hebat

gas

Sikapi Video Aksi Mesum, Pemkab Minta Hukum Jalan Terus dan Pembinaan Ditingkatkan