PT Pertamina Lubricants Berperan Aktif Ciptakan Wirausaha Baru Melalui Program Enduro Student Program

Penutupan ESP Tuban_2019, Rabu (18/12/2019).

TUBAN (global-news.co.id) – PT Pertamina Lubricants Sales Region V Wilayah Jatim resmi menutup program CSR Enduro Student Program (ESP) untuk wilayah Tuban. Bertempat di SMKN 1 Kabupaten Tuban, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari PT Pertamina Lubricants, Perwakilan SMKN 1 Tuban, Perwakilan SMK Taruna Jaya Prawira Tuban, Dewan Guru SMKN 1 Tuban, Perwakilan PT UNDIP MAJU, Perwakilan Bengkel Mitra, Peserta ESP tahun 2019, serta  Perwakilan Orangtua peserta ESP Tuban.

Enduro Student Program merupakan program CSR unggulan PT Pertamina Lubricants dengan menggunakan pendekatan Creating Shared Value (CSV) yang telah dilaksanakan di 3 wilayah Ring I Production Unit dan 5 Sales Region PT Pertamina Lubricants sejak 2016 telah menciptakan 84 bengkel mandiri dan 84 bengkel mitra berwawasan lingkungan. Selain itu mampu mencetak lebih dari 255 orang wirausahawan bengkel mandiri dengan melibatkan lebih dari 100 SMK dalam pelaksanaannya.

Public Relations PT Pertamina Lubricants Intania Prionggo menjelaskan program ESP Tuban 2019 dilaksanakan di tiga wilayah Ring I Production Unit Jakarta, Tuban dan Balikpapan, melibatkan 16 peserta yang berasal dari SMKN 1 Tuban dan SMK Taruna Jaya Prawira Tuban. Sekolah ini telah berhasil melalui beberapa tahapan pelatihan yaitu pelatihan teknis dan non teknis sepeda motor di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung selama 5 Minggu yang meliputi pelatihan mekanik sepeda motor  teori dan praktik, pelatihan Character Building dan wawasan kebangsaan, pengelolaan limbah dan lingkungan, kewirausahaan, product knowledge pelumas serta Creative Thinking.

“Selanjutnya peserta melakukan praktek kerja (magang) di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants di mana peserta menerima mentorship dan pelatihan kerja langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman,” katanya, Rabu (18/12/2019).

Dalam penutupan ini, PT Pertamina Lubricants memberikan bantuan modal kerja kepada setiap kelompok berupa paket toolkits, Compressor, Pelumas Pertamina, serta spareparts dengan nilai yang berbeda-beda sesuai dengan peringkat tim terbaik yang dinilai saat masa magang / praktik kerja. Total nilai paket bantuan modal kerja yang diberikan adalah sebesar Rp 150 juta.

Program ESP bertujuan pada tiga hal, yakni peningkatan nilai ekonomi, sosial, dan lingkungan. Melalui program ESP PT Pertamina Lubricants berupaya memberikan kontribusi dalam pembangunan generasi muda penerus bangsa yang berkeberlanjutan dengan berperan aktif dalam menciptakan wirausaha baru sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru.

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri serta base oil untuk pasar domestik dan internasional yang tersebar di Asia, Afrika, dan Australia. Pertamina Lubricants mengoperasikan 3 unit produksi di Gresik, Cilacap, dan Jakarta serta 1 unit produksi di Thailand dengan total kapasitas lebih dari 535 juta liter per tahun. Produk Pelumas Pertamina telah mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional, salah satunya dibuktikan dengan menjadi technical partner Automobili Lamborghini. Dengan kerjasama ini, produk pelumas Pertamina Fastron Platinum, SAE 10W-60, VW 504.00/507.00 menjadi produk resmi yang akan digunakan Automobili Lamborghini untuk setiap event motorsport yang akan ditangani tim Lamborghini Squadra Corse serta dipasarkan melalui 129 outlet Lamborghini di seluruh dunia. hud, tis