Global-News.co.id
Kesehatan Metro Raya Politik Utama

Pemilu 2024: Dinkes Surabaya Bekali Nakes Vitamin Saat Bertugas

Dinkes Surabaya membekali nakes yang bertugas di Pemilu dengan vitamin

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mempersiapkan vitamin bagi para tenaga kesehatan (nakes) yang menjalankan tugas selama tahapan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Rabu (14/2/2024).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan pembagian vitamin untuk menjaga kondisi kebugaran para nakes. “Puskesmas akan membagikan vitamin untuk teman-teman petugas di lapangan,” kata Nanik, Selasa (13/2/2024).

Nanik menyatakan pembagian vitamin mulai dilaksanakan per hari ini melalui kelurahan masing-masing, sebab para nakes sudah bertugas pagi besok.

“Sebaiknya diminum malam ini, sehingga besok bisa fit dan bugar,” ujarnya.

Kemudian, para kepala puskesmas diinstruksikan memastikan petugas pemilu memiliki waktu yang cukup sebelum bertugas besok pagi.

Namun, kata dia terpenting adalah para petugas di tempat pemungutan suara (TPS) bisa memastikan kebugarannya dengan memperhatikan asupan makan, baik sebelum maupun pada saat pemungutan suara.

“Harapan kami teman-teman juga memastikan petugas-petugas ini sebelum dan pada saat Pemilu, cukup tidur dan cukup minum. Mungkin juga perlu disiapkan ketersediaan air minum di lokasi dan makan,” ucap dia.

Nanik juga mengimbau seluruh puskesmas agar mengkoordinasikan kelurahan untuk melakukan peregangan kepada petugas Pemilu selama 3-5 menit setiap 2 jam.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi gejala nyeri dan pegal petugas di lapangan.

“Teman-teman puskesmas tolong koordinasi juga dengan teman-teman kelurahan, pada saat hari H untuk setiap 2 jam, agar melakukan peregangan, biar tidak terlalu tegang,” tuturnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya Maria Theresia Ekawati Rahayu menambahkan Dinkes setempat sudah memastikan puskesmas beroperasi 24 jam.

“Kemudian juga ada tim di masing-masing puskesmas yang keliling bersama kecamatan dan kelurahan untuk memonitor TPS,” kata Yayuk, sapaan akrabnya.

Pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Surabaya akan digelar di 8.167 TPS. Ribuan TPS itu lokasinya tersebar di 31 wilayah kecamatan Surabaya. Sementara untuk jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Surabaya ada sebanyak 57.169 orang. (fan)

 

baca juga :

Pemkot Surabaya Minta ‘Fashion Week’ Taati Aturan dan Norma

Dikabarkan Kena Parkinson, Putin Akan Mundur

Redaksi Global News

Usai Kalahkan Curacao, STY Evaluasi Lini Belakang Timnas Indonesia

Redaksi Global News