Global-News.co.id
Madura Utama

Hindari Intervensi, Forkopimda Lakukan Pemantauan di Luar Arena TPS

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Guna memastikan pelaksanaan pemungutan suara di wilayahnya berjalan aman dan lacar, Pj Bupati Pamekasan Masrukin bersama Forkopimda setempat, Rabu (14/2/2024) melakukan pemantauan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebagai sampel pemantauan dilakukan di bagian selatan, tengah dan bagian utara Pamekasan.

Ditemui di Pendopo Ronggosukowati sebelum berangkat melakukan pemantauan, Masrukin mengatakan pemantauan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Forkopimda tiap ada pemilu. Baik itu pemilu nasional, pemilu Kepala Daerah, bahkan hingga pelaksanaan Pilkades.

“Ini kan rutinitas tiap ada Pemilu baik Pilpres Pileg dan DPD juga ada Pemilukada, Forkopimda monitoring di lapangan, tapi dilakukan sampling di beberapa lokasi. Untuk memastikan bahwa proses demokrasi itu berjalan dengan lancar,” katanya.

Dia menegaskan monitoring yang dilakukan namun tetap dalam kondisi memperhatikan agar tidak mengganggu pelaksanaan pemungutan suara di TPS. Karena itu monitoring dilakukan hanya di luar TPS tidak sampai memasuki ruang atau arena TPS.

“Kita monitoring juga tidak mengganggu aktivitas dalam TPS, memantau dari luar. Karena dikhawatirkan nanti menimbulkan persespsi lain, dikira kita mempengaruhi, sehingga masyarakat yang ada punya hak pilih kan sudah antre di TPS,” jelasnya.

Dia mengaku kondisi pelaksanaan pemungutan suara dalam kondisi aman lancar dan kondusif, karena masih dalam proses yang berjalan. Dia berharap masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik, kemudian setelah selesai langsung pulang ke rumah masing masing.

“Setelah menggunakan hak pilihnya, di TPS- TPS kemudian lancar jadi sebisa mungkin habis nyoblos langsung pulang ke rumah sehingga tidak ada penumpukan. Kalau ada Bawaslu , di sana yang menyelesaikan masalah,” harapnya.

Ketua KPU Pamekasan Mohamad Halili mengatakan kondisi pemungutan suara hingga penghitungan selesai juga berjalan aman lancar. Dia juga beharap tidak ada gangguan apa pun, sehingga jalannya pemilu di Pamekasan berlangsung aman jujur adil dan lancar.

Jumlah TPS se-Kabupaten Pamekasan pada Pemilu tahun ini sebanyak 2.448, berkurang sedikit dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Ini terjadi karena adanya restrukturisasi atau perampingan jumlah TPS. (mas)

baca juga :

Dewan Sesalkan Rendahnya Penyerapan di Seluruh OPD di Jatim

Redaksi Global News

Dorong Ketahanan Pangan, Walikota Blitar Santoso Serahkan Bantuan Alsintan

Redaksi Global News

9 Juni: Tambah 189, Total Pasien Positif Corona di Jatim 6.518 Orang

Redaksi Global News