Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Gubernur Khofifah Ingin Wisatawan Tinggal Lebih Lama di Jatim

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sebuah acara

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menginginkan kunjungan wisatawan yang tinggal lebih lama di wilayah provinsi setempat.

“Kalau target jumlah kunjungan wisatawan yang menentukan Kharisma Even Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi. Mereka akan meninjau dan nanti menentukan targetnya,” katanya, Rabu (7/2/2024) malam.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Jatim sepanjang tahun 2023 tercatat sebanyak 194.367 orang. BPS juga mencatat sebanyak 200 juta lebih perjalanan wisatawan Nusantara sepanjang tahun 2023 di Jatim.

Gubernur Khofifah menegaskan di tahun 2024 tidak lagi mematok target jumlah kunjungan wisatawan. Melainkan lebih menekankan agar kunjungan wisatawan betah untuk tinggal lebih lama dan memperluas pergerakannya di wilayah Jatim.

Bagi mantan Menteri Sosial itu, percuma jika jumlah kunjungan wisatawan meningkat jika perjalanannya hanya berputar di lokasi wisata yang sama setiap tahun.

Agar wisatawan yang berkunjung tinggal lebih lama di Jawa Timur, Gubernur Khofifah mendorong terbentuknya desa-desa wisata dengan memberdayakan masyarakat setempat.

Diyakini dampaknya tidak hanya memperluas pergerakan wisatawan. Namun juga meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar desa-desa wisata wilayah Jatim.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim Evy Afianasari menjelaskan lama tinggal wisatawan dapat dilihat dari data pergerakannya.

“Seperti yang disampaikan Ibu Gubernur Khofifah, nantinya wisatawan di Jatim jangan cuma sehari tinggalnya. Jadi kalau jumlah wisatawan yang datang lebih banyak tapi pergerakannya di situ-situ saja ya percuma,” ujarnya.

Maka Disbudpar bersama masyarakat di Jatim didorong menumbuhkembangkan desa wisata. “Harapannya banyak terbentuk objek-objek wisata yang baru dan sehat di Jatim.Tentunya itu berorientasi pada penguatan partisipasi masyarakat,” ucap Evy. (ntr, fan)

baca juga :

Persebaya Dianggap Tim Besar, Persiraja Cari Kelemahan Lawan

Redaksi Global News

Puluhan Jurnalis Keracunan Massal di Banyuwangi, BI Jatim Berikan Penjelasan

Redaksi Global News

Sekarang Momen Tepat Redenominasi