Global-News.co.id
Nasional Utama

Tahun 2024, Bandara Juanda Tambah Lima Rute Penerbangan

SIDOARJO (global-news.co.id) – Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur menambah lima rute penerbangan di tahun 2024 dari 30 rute penerbangan menjadi 35 rute penerbangan baik domestik dan juga internasional.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar, Kamis (25/1/2024) mengatakan, mengawali tahun 2024 pada akhir Januari Bandar Udara Internasional Juanda telah melayani 35 rute penerbangan dengan jumlah penerbangan tertinggi per hari 227 penerbangan datang dan pergi.

“Hingga akhir 2023 Bandar Udara Internasional Juanda layani 30 rute penerbangan, yang mana 22 rute domestik dan 8 rute internasional,” katanya.

Ia mengatakan, Januari ini ada beberapa reaktivasi rute dan penambahan frekuensi terbang. Sehingga, sejak tanggal 22 Januari 2024, Bandara Juanda melayani 27 rute domestik dan 8 rute internasional dan secara total kami melayani 35 rute.

“Dengan rata-rata jumlah penerbangan per hari 215 penerbangan atau jumlah penerbangan tertinggi 227 penerbangan dan terendah 200 penerbangan. Jika dibandingkan dengan data 2019, saat itu Bandara Juanda melayani 33 rute domestik dan 8 rute internasional,” ujarnya.

Sisyani Jaffar menjelaskan, di awal tahun ini dua maskapai menambah beberapa rute penerbangan domestik.

“Di bulan Januari ini, terdapat 5 penambahan baik rute baru maupun reaktivasi dan 1 frekuensi penerbangan. Pertama itu Lion Air sejak pertengahan bulan ini telah reaktivasi kembali beberapa rute yaitu Pekanbaru, Padang, Ternate, Ambon dan Kendari,” katanya.

Kemudian Pelita Air juga membuka rute baru menuju Balikpapan sejak 22 Januari, dimana ini menambah frekuensi penerbangan menuju Balikpapan dari Surabaya.

“Kami menyambut baik dan tentunya sangat antusias dengan pembukaan rute-rute penerbangan ini, tidak hanya akan memberikan kemudahan akses, namun juga diharapkan dapat memperkuat daya saing potensi perdagangan, bisnis, dan kepariwisataan sebagai kontribusi upaya percepatan pemulihan perekonomian.” ucapnya.

Sedangkan untuk penerbangan internasional saat ini jumlahnya masih sama seperti tahun 2023, dimana Bandar Udara Internasional Juanda melayani 8 rute yaitu Kuala Lumpur, Singapura, Johor Baru, Penang, Brunei, Hong Kong, Madinah dan Jeddah.

Menurut Sisyani Jaffar, pihak terus optimistis bahwa baik jumlah rute akan terus bertambah dan bisa sebanyak saat sebelum adanya pandemi Covid-19. Pihaknya juga membuka pintu sebesar-besarnya untuk maskapai jika ingin menambah rute baru maupun frekuensi penerbangan pada rute-rute yang telah ada. (ant, sid)

Daftar rute penerbangan di Bandar Udara Internasional Juanda

Rute Domestik:
1. Ambon
2. Balikpapan
3. Banjarmasin
4. Banyuwangi
5. Batam
6. Berau
7. Denpasar
8. Jakarta – Halim
9. Jakarta – Soeta
10. Kendari
11. Kupang
12. Labuan Bajo
13. Lombok
14. Makassar
15. Manado
16. Padang
17. Palangkaraya
18. Palembang
19. Pangkalan Bun
20. Pekanbaru
21. Pontianak
22. Samarinda
23. Sampit
24. Semarang
25. Tarakan
26. Ternate
27. Jogjakarta

Rute Internasional:
1. Singapura
2. Kuala Lumpur
3. Johor Baru
4. Penang
5. Hong Kong
6. Jeddah
7. Madinah
8. Brunei

baca juga :

Liga 1: Main Efisien Bikin Macan Putih Mengaum

Redaksi Global News

Satu Sabuk Satu Jalan, Disambut Dunia

gas

Songsong PD U-17 di Surabaya, 31 Tim Bertanding di Turnamen Sepakbola

Redaksi Global News