Global-News.co.id
Kesehatan Utama

Sub PIN Polio Putaran Pertama Sasar 4,4 Juta Anak di Jatim

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menenangkan salah satu bocah dalam sebuah kegiatan di wilayah provinsi setempat.

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mendata sebanyak 4.437.679 anak usia 0-7 tahun yang menjadi sasaran Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran pertama pada 15-21 Januari 2024.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan sebanyak 1.168.443 anak, atau 26,3 persen dari total sasaran, telah mengikuti Sub PIN Polio putaran pertama pada 15 Januari 2024.

“Kegiatan SUB PIN Polio ini dilaksanakan berdasarkan surat dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: IM.02.03/Menkes/1051/2023 tanggal 29 Desember 2023 perihal Pelaksanaan Sub PIN dalam rangka penanggulangan Kejadian Luar Biasa Polio cVDPV2,” katanya, Selasa (16/1/2024).

Menindaklanjuti temuan kasus lumpuh layu akut (Acute Flaccid Paralysis/AFP) di Jawa Tengah dan Jatim yang disebabkan virus polio tipe 2, Kementerian Kesehatan menyerukan pelaksanaan Sub PIN serentak.

Dinformasikan, virus polio akan sangat mudah berkembang biak di dalam saluran pencernaan dan menyerang sistem saraf anak sehingga menyebabkan kelumpuhan.

Namun, polio yang tergolong sebagai salah satu penyakit menular, dapat dicegah dengan imunisasi.

Untuk itu, Gubernur Khofifah menyerukan kepada seluruh orang tua yang memiliki anak usia 0-7 tahun untuk peduli dan mengantarkan anaknya ke pos imunisasi terdekat.

“Saya imbau kepada masyarakat yang memiliki anak usia 0-7 tahun untuk segera membawa anaknya ke posyandu, puskesmas dan pos imunisasi terdekat lainnya untuk mendapatkan imunisasi tetes polio,” ujarnya.

Gubernur Khofifah menjelaskan SUB PIN digelar dengan memberikan imunisasi berupa novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) kepada seluruh anak di Jatim usia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

“Imunisasi polio, melalui kegiatan SUB PIN, mencegah seorang anak agar terhindar dari virus, sekaligus memperkuat daya tahan tubuh, pada rentang usia 0-7 tahun,” ucapnya.

Sedangkan Sub PIN Polio putaran kedua telah dijadwalkan secara serentak pada tanggal 19-25 Februari 2024. (ret)

baca juga :

Pemerintah Akan Beri Rumah Keluarga 53 Prajurit KRI Nanggala 402 yang Gugur

gas

KPU-Tim Pemenangan Pilkada Jatim Sepakati Piranti Kampanye

Redaksi Global News

Jokowi Respons soal Kepemimpinan Gibran di Solo: Saya Enggak Ngikuti