Global-News.co.id
Metro Raya Pendidikan Utama

Dispendik Surabaya Proyeksi 20 Ribu Pelajar SD-SMP Gamis Dapat Seragam Gratis

Kepala Dispendik Kota Surabaya Yusuf Masruh

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya memproyeksikan 20 ribu pelajar tingkat SD-SMP yang masuk dalam kategori keluarga miskin (gamis) dan pra-gamis mendapatkan seragam gratis untuk tahun ajaran 2024/2025.

Kepala Dispendik Kota Surabaya Yusuf Masruh mengatakan sudah mengantongi nama-nama pelajar calon penerima bantuan seragam sekolah, dengan mengacu pada data di dinas sosial (Dinsos) setempat.

“Gamis dan pra-gamisnya ada 20 ribu untuk SD dan SMP, ini sudah terpantau oleh Dinsos,” kata Yusuf, Minggu (14/1/2024).

Mekanisme penyerahan bantuan seragam sekolah itu kini masih digodok oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya agar tepat sasaran.

Seragam gratis itu, kata Yusuf, merupakan cara Pemkot setempat menjamin hak pendidikan bagi masyarakat, beserta seluruh kebutuhannya, sebagaimana instruksi dari Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

“Harapan kami orangtua sudah tidak bingung di tahun ajaran baru untuk masalah seragam sekolah anak-anaknya,” ujarnya.

Selain itu, Yusuf menyatakan produksi seragam sekolah gratis yang diperuntukkan bagi puluhan ribu pelajar dari keluarga pra gamis dan gamis juga melibatkan peran pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan pemerintah kota.

Dispendik berkoordinasi bersama Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, serta Perdagangan (Dinkopdag) untuk mempersiapkan UMKM yang akan dilibatkan dalam proses produksi seragam sekolah pelajar SD-SMP dari keluarga tak mampu.

Sementara, proses yang saat ini sedang berjalan adalah pengukuran ukuran seragam bagi pelajar lama.

“Kami mendahulukan¬†untuk yang naik kelas, misal di SD dari kelas dua ke kelas tiga, terus SMP naik dari kelas tujuh ke kelas delapan. Kalau yang baru masuk, seperti dari TK ke SD menyusul,” ujarnya.

Diharapkan seluruh proses bisa rampung secepatnya, sehingga pada Februari 2024 sudah bisa melaksanakan pengadaan seragam untuk kebutuhan pelajar pra-gamis dan gamis. (pur)

baca juga :

Lolos Liga 2, Gus Muhdlor Guyur Bonus Rp 150 Juta ke Deltras FC

Redaksi Global News

Makin Picu Ketidakstabilan AS, Donald Trump Pecat Menteri Pertahanan

Redaksi Global News

Soal Penyaluran BLT, Walikota Eri Protes Dilakukan hingga Malam Hari