Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Sebanyak 50 Perempuan Disabilitas di Surabaya Ikuti Pelatihan Memasak

 

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap perempuan disabilitas

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebanyak 50 perempuan disabilitas yang tergabung dalam Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Surabaya mengikuti pelatihan memasak yang digelar pemerintah kota setempat bersama Forum Puspa di Gedung Wanita Chandra Kencana, Surabaya, Jumat (8/12/2023).

Ketua Forum Partisipasi Publik untuk kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Surabaya Rini Indriyani mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap perempuan disabilitas yang memiliki potensi dan kemampuan dalam bidang ekonomi.

“Kegiatan ini untuk memberikan perhatian pada peningkatan partisipasi perempuan disabilitas sesuai kemampuannya dari wilayah masing-masing kelurahan dan kecamatan di Kota Surabaya dalam bidang ekonomi,” kata Rini.

Menurutnya, perempuan disabilitas perlu diberikan pemberdayaan secara khusus. Ini diharapkan agar mereka dapat meningkatkan kualitas hidup, mandiri, sekaligus mampu mengaktualisasi diri dan berpartisipasi dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Perempuan disabilitas adalah perempuan dengan kondisi spesial dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan Gender. Mereka perlu diberikan kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensinya,” ujar Bunda Rini, sapaan akrabnya.

Bunda Rini juga menjelaskan bahwa pelatihan memasak kali ini, meliputi beberapa materi di antaranya yakni, materi dasar memasak, pemaketan atau pengemasan produk hingga strategi pemasaran.

“Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional dan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2023,” ucapnya.

Bunda Rini berharap, kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi perempuan disabilitas untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya dalam bidang ekonomi.

“Sehingga mereka diharapkan mampu mengaktualisasi diri dan berpartisipasi dalam peningkatan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Pelatihan memasak tersebut, diikuti sekitar 50 orang perempuan disabilitas yang tergabung dalam Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Surabaya. (pur)

baca juga :

Idul Adha 1442 H, SIG Salurkan 280 Hewan Kurban Senilai Rp 3,51 Miliar

Titis Global News

Diresmikan 26 Juli 2023, Kebun Raya Mangrove Surabaya Koleksi 57 Jenis Tanaman

Diresmikan, Masjid Arif Nurul Huda Polda Jatim Dibangun Hanya dalam Waktu 10 Bulan

Redaksi Global News