Global-News.co.id
Nasional Sport Utama

Naturalisasi, Exco PSSI Sebut Nathan dan Jay Idzes Segera Lakukan Sumpah WNI

Exco PSSI Arya Sinulingga

JAKARTA (global-news.co.id) – Exco Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Arya Sinulingga mengungkapkan Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes segera melakukan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI).

Arya Sinulingga mengatakan, proses pengambilan sumpah Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes sedikit terlambat karena kedua pemain tersebut masih harus bertanding membela klub masing-masing.

“Dalam waktu dekat, tinggal sumpah, ini masalahnya mereka nggak bisa datang ke Indonesia gara-gara masih tanding. Mereka tinggal sumpah (WNI) sebenarnya,” kata Exco PSSI Arya Sinulingga seusai mengikuti diskusi PSSI Pers bertajuk “Naturalisasi Pemain, Mereduksi atau Memotivasi?” di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Mengenai kapan waktu Nathan dan Jay akan mengambil sumpah, Arya Sinulingga masih belum bisa memastikan mengenai tanggal pemain keturunan Indonesia tersebut mengambil sumpah.

Dengan proses naturalisasi yang belum kunjung selesai hingga saat ini, maka Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes berkemungkinan kecil untuk membela timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023.

Sebelumnya Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja secara tertutup membahas rekomendasi pemberian kewarganegaraan atau naturalisasi terhadap dua pesepakbola asal Belanda Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On merupakan pemain sepakbola Belanda kelahiran 22 Desember 2001 yang memiliki faktor keturunan orang Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Sedangkan, Jay Noah Idzes merupakan pesepakbola asal Belanda kelahiran 2 Juni 2000. Pemain tersebut merupakan keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Saat ini Nathan Tjoe-A-On tengah membela klub divisi kedua Liga Inggris Swansea City. Sedangkan Jay Idzes masih membela klub Serie B Venezia. (ntr, ola)

baca juga :

UMKM Diminta Ciptakan Produk Berkualitas dan Bersaing

DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo Prioritaskan 100 Perusahaan untuk Sosialisasi OSS RBA

gas

Pilkada 2020, PKS-Demokrat Sepakat Berkoalisi

Redaksi Global News