Global-News.co.id
Politik Utama

KPU Jatim Gelar Pelatihan Kehumasan dan Protokol

MALANG (global-news.co.id) – Dalam rangka memperkuat peran pelayanan bagi Penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) menggelar Pelatihan Kehumasan dan Protokol pada Selasa, 12 Desember 2023.

Rangkaian pembukaan berlangsung mulai pukul 14.00. Hadir sebagai peserta, perwakilan sekretariat dari KPU Jatim dan KPU Kabupaten/Kota, masing-masing terdiri dari Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM.

“Pelatihan protokol jangan dimaknai sebatas pembawa acara atau aktivitas lain yang berkaitan dengan melayani tamu. Tapi protokol lebih dari itu, bagaimana kita bersikap dan berperilaku yang menjunjung tinggi terhadap forum dan orang lain menjadi bagian dari adab dalam bergaul,” kata Anggota KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro saat memberikan sambutan.

Ia melanjutkan, dalam tiga hari ke depan, peserta akan mendapatkan berbagai materi. Sesi pertama yaitu berkaitan dengan public speaking. Gogot beranggapan skill mengenai public speaking penting pula bagi komisioner, sehingga ketika didaulat menjadi narasumber selalu siap.

Peserta juga dibekali dengan materi keprotokoleran dan MC formal. Maka sengaja, hari ini peserta yang dihadirkan ialah orang-orang yang biasa menangani kegiatan. Bagi komisioner, ke depan juga dapat melakukan evaluasi terhadap kompetensi dan kinerja staf saat memanajemen kegiatan.

Tak kalah seru, materi berikutnya yaitu service excellence dan grooming. Gogot mengatakan grooming ini teknik bagaimana membangkitkan suasana atau forum.

Pelatihan berlangsung selama tiga hari ke depan, hingga Kamis, 14 Desember 2023. Selama kegiatan, KPU Jatim menggandeng Event Organizer kenamaan di Jatim, WePro Communication.

Forum tidak hanya berbasis teori dan materi, tapi peserta juga akan diajak praktek secara langsung. Pada hari terakhir, untuk memperkuat sinergisitas antar penyelenggara, seluruh peserta akan mengikuti capacity building berupa outbond. (*)

baca juga :

Hari Pertama Cabor Selam Kolam PON XX, Jatim Borong Empat Emas

Redaksi Global News

Reses Ditiadakan, FPAN Jatim Minta Anggaran Reses dan Kunker Difokuskan untuk Masyarakat Terdampak COVID-19

Redaksi Global News

Antisipasi Demo, Polisi Siaga di Kedubes Prancis

Redaksi Global News