Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Implementasikan ESG, BNI Kucurkan Green Loan untuk PLN

Pemimpin Divisi COB 2 Amalia Savitri bersama EVP Divisi Keuangan Korporat PLN Maya Rani Puspita, di Kantor PLN, Jumat (29/12/2023)

JAKARTA (global-news.co.id) – BNI Hi-Movers , PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk menyalurkan pembiayaan berkelanjutan termasuk pembiayaan hijau (green financing) guna mendukung target pemerintah untuk mencapai net zero emission pada 2060.

BNI kali ini ikut serta dalam pemberian fasilitas Green Loan Tahun 2023 kepada PT PLN (Persero). Fasilitas Green Loan Tahun 2023 tersebut disalurkan kepada PLN senilai Rp10 triliun dengan melibatkan empat pihak yaitu BNI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kredit Sindikasi dimana BNI diwakili oleh alt. Pemimpin Divisi COB 2 Amalia Savitri bersama EVP Divisi Keuangan Korporat PLN Maya Rani Puspita, di Kantor PLN, Jumat (29/12/2023).

Dalam keterangannya, Direktur Wholesale & International Banking BNI Silvano Rumantir mengungkapkan, dengan bergabungnya BNI dalam pendanaan Green Loan PLN akan meningkatkan pertumbuhan portofolio Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) BNI dengan nilai yang cukup signifikan.

“Saat ini, pembiayaan BNI telah berfokus pada proyek-proyek dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan,” ujarnya.

Menurut Silvano, hal tersebut sejalan dengan misi PLN yang fokus mencari pendanaan dari perbankan yang tengah mengembangkan pendanaan yang mengaitkan aspek Environment, Social, and Governance (ESG) atau pendanaan berkelanjutan (sustainable loan).

“BNI mendukung aktivitas PLN dalam upaya transisi energi menuju energi terbarukan, diwujudkan dalam pemberian fasilitas Green Loan Tahun 2023,” katanya.

Silvano menambahkan, dalam jangka panjang BNI akan terus membukukan catatan kinerja positif dari ekspansi portofolio hijau sekaligus implementasi ESG di seluruh lini bisnis dengan menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG).

“Green ekonomi merupakan salah satu komitmen jangka panjang BNI. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan mewujudkan Indonesia yang lebih hijau,” pungkasnya. (jef)

baca juga :

ITS Salurkan Puluhan Ribu Face Shield ke 13 Provinsi

Redaksi Global News

ITS Lanjutkan Kerjasama Bidang Maritim dengan Pemerintah Belanda

Redaksi Global News

Bengawan Solo Meluap, Lamongan Banjir

Redaksi Global News