Global-News.co.id
Gaya Hidup Metro Raya Utama

Walikota Eri: Cak dan Ning Wajib Angkat Surabaya ke Kancah Internasional

Pelaksanaan grandfinal duta wisata Cak dan Ning Surabaya pada Sabtu (18/11/2023) malam

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengharapkan Duta Wisata Cak dan Ning 2023 mampu mengangkat daerah ke kancah internasional.

“Saya berharap Paguyuban Cak dan Ning tidak pernah berhenti untuk mengenalkan tempat-tempat edukasi dan wisata di Kota Surabaya. Karena Duta Cak dan Ning ini menjadi dutanya Kota Surabaya,” kata Walikota Eri Cahyadi dalam keterangannya, Minggu (19/11/2023).

Hal itu juga ditekankan Walikota Eri dalam grand final Pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Kota Surabaya 2023, yang berlangsung semarak di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Sabtu (18/11) malam.

Sebanyak 15 finalis pasangan Cak dan Ning Surabaya beradu kreativitas dalam malam grand final tersebut.

Menurut Walikota Eri, saat ini Kota Surabaya semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini terlihat dari banyaknya tempat wisata baru di Kota Pahlawan, seperti Romokalisari Adventure Land dan Kebun Raya Mangrove.

Walikota Eri meminta Cak dan Ning Surabaya mengetahui tempat-tempat wisata baru dan diharapkan tidak hanya mengetahui pesona wisata alam, tetapi juga nilai-nilai sejarah Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

Apalagi, banyak destinasi wisata bersejarah di Kota Surabaya, seperti rumah lahir Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) Soekarno (Bung Karno), Rumah HOS Tjokroaminoto hingga Jembatan Merah yang menjadi saksi bisu perjuangan Arek-Arek Suroboyo melawan penjajah.

“Oleh karena itu, tugas Cak dan Ning adalah ketika orang masuk ke Kota Surabaya, semangat pahlawannya harus terasa, aura kepahlawanannya harus terasa,” ujarnya.

Walikota Eri optimistis Duta Wisata Cak dan Ning mampu mengenalkan Surabaya lebih baik, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga internasional. Hal ini juga perlu didukung dengan semangat dan kerja keras dari Paguyuban Cak dan Ning Surabaya.

“Ayo kita bangun Surabaya dengan kekuatan pemilihan Cak dan Ning ini, karena Cak Ning ini adalah duta pilihan yang memiliki kelebihan terkait dengan Kota Surabaya,” katanya.

Ia berpesan kepada Cak dan Ning untuk terus mengubah Surabaya menjadi lebih baik dengan semangat kepemudaan. Pemuda adalah agen perubahan untuk Kota Surabaya menjadi lebih baik lagi.

“Saya berharap di pundak Paguyuban Cak Ning, bisa membimbing adik-adiknya, bisa mengangkat Kota Surabaya. Paguyuban Cak dan Ning harus bisa menyatukan pemuda-pemudi di Kota Surabaya,” katanya.

Pada tahun 2023, tema yang diusung dalam Pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya, yakni Kedigdayaan Arek Suroboyo. Tema tersebut melambangkan ciri khas arek Suroboyo yang memiliki jiwa kuat, berani, kompak, bermental baja, kreatif, dan inovatif.

Setelah melalui serangkaian proses yang panjang, Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya 2023 akhirnya terpilih. Tim juri memutuskan Tio Ferdian dari Kecamatan Tambaksari dan Azelia Putri dari Kecamatan Tegalsari sebagai Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya 2023. (pur)

baca juga :

SSC Sebut Eri Mulai Menyeruak dalam Kandidat Cagub Jatim

Redaksi Global News

Gerakan Pentahelix 5 Juta Masker Aice dan GP Ansor Dukung Stakeholder Jatim Lawan Corona

Redaksi Global News

Gubernur BI Puji Kinerja Benny Siswanto

Redaksi Global News