Global-News.co.id
Metro Raya Politik Utama

Pimpinan DPRD Surabaya Dorong Tulisan Aksara Jawa Diperluas

Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony

SURABAYA (global-news.co.id) – Pimpinan DPRD Kota Surabaya mendorong penggunaan tulisan Aksara Jawa di Kota Pahlawan, Jawa Timur, diperluas tidak hanya pada instansi pemerintahan, melainkan juga di kawasan tempat usaha.

“Selama ini ‘kan instruksi walikota baru di sekitar balai kota dan kantor kelurahan, ditambah kantor OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk memperingati Hari Aksara,” kata Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony, Selasa (7/11/2023).

Menurut dia, tulisan Aksara Jawa akan menjadi ramai ketika toko-toko di mal, bahkan pasar tradisional, kemudian deretan tempat usaha di pinggir jalan, juga memakai tulisan Aksara Jawa.

Menurutnya, perluasan terhadap pengenalan tulisan Aksara Jawa ini bisa menjadi objek untuk menambah pendapatan melalui Program Padat Karya.

“Padat Karya yang sedang ditumbuhkan oleh pemkot bisa memproduksi aksara Jawa ini,” ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, orangtua yang selama ini mendapatkan bantuan makanan dari pemerintah kota (Pemkot) bisa diberdayakan untuk mengajar Aksara Jawa di lingkungannya.

“Yang banyak tahu ini ‘kan para orangtua. Jadi mereka ini bisa berdaya dan berkarya,” ucapnya.

AH Thony membeberkan target tulisan Aksara Jawa yakni pertama dilihat, membaca, ditata, kemudian baru terasa.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya telah meminta kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya untuk menyiapkan penulisan Aksara Jawa pada setiap kantor OPD. Ia memastikan penulisan Aksara Jawa itu sudah harus terpasang sebelum 10 November 2023.

“Jadi nanti tulisan Pemkot itu ada tulisannya (Aksara Jawa), misal di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) itu ada Aksara Jawa,” kata Cak Eri panggilan akrabnya.

Cak Eri mengatakan pemasangan Aksara Jawa ini sudah dimulai dari lingkungan Balai Kota Surabaya dan selanjutnya dilakukan di setiap pintu-pintu masuk Pemkot Surabaya.

“Ruang-ruang yang ada di Balai Kota juga diberi tulisan Aksara Jawa. Kita harus mengingat, jangan lupa sejarah,” katanya. (pur)

baca juga :

Menteri PAN-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik ke-55 di Kota Mojokerto

Redaksi Global News

Bupati Baddrut Tamam Ajak Jadikan Ramadhan Tingkatkan Kesalehan Sosial

gas

Jumlah Penumpang KA Terus Meningkat

Redaksi Global News