Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Pemkot Surabaya Siaga Hadapi Bencana Hidrometeorologi

Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat Apel Pasukan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di Lapangan A Mapolrestabes Surabaya, Selasa (28/11/2023)

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya bersiaga menghadapi bencana hidrometeorologi berupa banjir menyusul adanya peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika bahwa intensitas curah hujan yang semakin meningkat.

“Semua stakeholder di Jawa Timur harus bersiap menghadapi kondisi alam yang tidak menentu, terutama di wilayah Kota Surabaya terkait dengan banjir, curah hujan tinggi, dan angin puting beliung,” kata Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat Apel Pasukan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di Lapangan A Mapolrestabes Surabaya, Selasa (28/11/2023).

Apel gelar pasukan yang dipimpin Walikota Eri Cahyadi dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya, di antaranya Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Yusman Madayun bersama jajaran komandan Kodim dan Kepala Polrestabes Surabaya Kombes Polisi Pasma Royce.

“Semua stakeholder bersinergi jika ada bencana terkait dengan pohon tumbang, angin puting beliung, rumah roboh, dan banjir,” ujarnya.

Eri menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Polrestabes Surabaya dan Kodim serta Korem yang selalu siap siaga dalam membantu masyarakat Kota Surabaya.

“Semuanya selalu siaga, memberikan yang terbaik bagi Kota Surabaya dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga di tengah situasi alam tidak menentu,” ucapnya.

Ia berharap dengan sinergi dan kesiapan semua pemangku kepentingan, Kota Surabaya dapat terhindar dari bencana alam.

“Insya Allah dengan kekuatan bersama dan doa kita semua warga Surabaya, kita bisa terhindarkan dari bencana yang akan menghantam Kota Surabaya,” tuturnya.

Meski demikian, Walikota Eri mengakui, bencana alam seperti angin puting beliung datangnya bisa tiba-tiba.

Namun, ia memastikan ketika terjadi bencana, Pemerintah Kota Surabaya bersama TNI dan Polri akan selalu siaga memberikan bantuan secepatnya kepada masyarakat.

“Ketika ada kejadian maka lurah camat yang terdekat akan datang dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa turun semuanya. Kami akan memberikan bantuan semaksimal mungkin dan kami memberikan bantuan termasuk perbaikan-perbaikan,” ucapnya.

Sementara itu, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Yusman Madayun menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu setiap saat ketika terjadi bencana alam di Kota Pahlawan.

“Sebagaimana disampaikan oleh Pak Wali Kota, kami sudah siap membantu setiap saat ketika terjadi bencana. Karena bencana (bisa datang) setiap saat, setiap detik. Maka kami siap membantu, khususnya TNI Polri, siap siaga untuk membantu 1×24 jam,” kata Yusman.

Apel gelar pasukan ini juga diikuti oleh seluruh unsur terkait, antara lain TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya. (pur)

baca juga :

Begini Reaksi Tubuh bila Alergi Buah

Redaksi Global News

Gubernur Khofifah Dorong Anak-anak Jatim Tetap Semangat Raih Cita-cita di Masa Pandemi

Redaksi Global News

Dikalahkan Makedonia Utara, Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Redaksi Global News