Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Bank OCBC NISP Rebranding Jadi OCBC, Tetap Fokus Garap UMKM

National Network Head OCBC Indonesia Jenny Hartanto dan Region Head OCBC Indonesia Lao Aily menjelaskan rebranding OCBC di Surabaya

 

SURABAYA (global-news.co.id) – Bank OCBC NISP telah resmi memperkenalkan OCBC sebagai merek dan logo terbaru yang efektif sejak 14 November 2023 di seluruh Indonesia. Setelah Jakarta, rebranding itu disosialisasikan di Surabaya dan akan membidik sejumlah kota besar di Indonesia.

Sebelumnya, perubahan serupa telah diumumkan di Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Macau pada 3 Juli 2023 lalu. Hal membuat nama merek dan logo OCBC Group menjadi sama di seluruh negara.

National Network Head OCBC Indonesia Jenny Hartanto menjelaskan perubahan nama merek dan logo ini tidak memengaruhi nama legal bank yaitu PT Bank OCBC NISP Tbk.

“Perubahan nama merek dan logo ini merupakan bagian dari proses transformasi yang mendorong kami untuk terus naik level ke tingkat global lewat produk dan layanan yang semakin komprehensif dengan kapasitas global dan lokal,” kata Jenny yang hadir di salah satu hotel berbintang lima di Surabaya, Rabu (22/11/2023) sore.

Sebagai informasi, logo OCBC Indonesia terakhir kali diperbaharui pada 2008 ketika OCBC Bank sudah menjadi pemegang saham mayoritas. Saat ini, OCBC kembali mengubah logo dan melakukan rebranding dari OCBC NISP menjadi OCBC.

Jenny menambahkan bahwa perubahan merek dan logo ini merupakan bagian dari upaya OCBC Indonesia untuk memberikan layanan dan inovasi yang semakin komprehensif dan berkesinambungan. Dengan begitu, nasabah OCBC Indonesia dapat menikmati beragam kemudahan bertransaksi pada jaringan OCBC Group di berbagai negara, mendukung individu menjadi generasi yang financially fit, dan mendukung perusahaan Indonesia untuk tumbuh secara berkesinambungan dan mendunia.

“Sebagai bagian dari OCBC Group, kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta turut membantu masyarakat untuk mencapai aspirasi keuangan mereka di ASEAN dan China, Hong Kong, Macau dan sekitarnya,” katanya.

Jenny juga menyebut dengan perubahan logo dan merek ini pihaknya tetap fokus menggarap segmen pembiayaan UMKM dan sektor kredit konsumsi yang selama ini menjadi andalan bank. Apalagi OCBC sudah meluncurkan program Nyala Bisnis dalam mendukung pemberdayaan UMKM demi meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Jenny memastikan OCBC akan meningkatkan penyaluran kredit sektor UMKM. Sayangnya dia belum mengungkap detil target dan realisasi penyaluran kredit bagi UMKM. “Prinsipnya kami terus memperkuat komitmen untuk menjadi mitra terpercaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia termasuk Surabaya dan sekitarnya,” katanya.

Berdasarkan data ASEAN Investment Report 2022 yang diterbitkan oleh United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), jumlah UMKM di Indonesia mencapai angka 65,46 juta, dan berkontribusi sebesar 60,3 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) serta mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia. Namun, saat ini pelaku UMKM masih menghadapi berbagai tantangan dalam pengelolaan, perencanaan, dan pendanaan bisnis mereka.

Sedangkan Data OCBC NISP Business Fitness Index 2023, riset yang dilakukan untuk mengukur kesehatan finansial dari suatu usaha menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor dari seluruh skala usaha adalah 43,84, yang masih jauh dari skor ideal yaitu 75. Artinya, mayoritas UMKM Indonesia memiliki kesehatan finansial yang perlu ditingkatkan. “Bank OCBC percaya bahwa peningkatan inklusi yang diiringi dengan pembekalan bisnis yang mumpuni, UMKM Indonesia akan berani naik level dengan terus adaptif, inovatif dan berdaya saing tinggi,” kata Jenny.

Benefit dan Fitur

Jenny menjelaskan perubahan merek dan logo OCBC juga diikuti dengan fitur dan benefit yang bisa dinikmati oleh para nasabahnya, yaitu untuk nasabah Individu ada berbagai penawaran eksklusif di dalam dan luar negeri untuk transaksi berbagai merchant terkemuka. Bebas melakukan tarik tunai tanpa biaya di semua jaringan ATM OCBC Group di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Hongkong.

Bagi nasabah pemegang Kartu Global Debit, nasabah bisa melakukan tarik tunai dan pembayaran bebas konversi di ATM luar negeri untuk 11 mata uang asing.
Berbagai program cashback, layanan eksklusif penjemputan di Bandara Singapura dan juga akses ke OCBC Premier Center di Singapura dan Malaysia, untuk nasabah Premier Banking dan Private Bank.

Berbagai kemudahan akses layanan Premier Banking di Singapura, dan juga kemudahan perencanaan pewarisan kekayaan untuk nasabah Private Bank.
Sedangkan untuk nasabah Bisnis, untuk regional desk ada layanan perbankan bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya di jaringan OCBC Group.

baca juga :

Terdampak Penggusuran, 21 KK Surabaya Tempati Rusunawa Grudo

Redaksi Global News

Usai Ikut Pelatihan, 60 Pengusaha IKM Siap Bangkit

gas

SeraITS, Sepeda Terapi Pasca Stroke Buatan ITS

Redaksi Global News