Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Walikota Eri Nilai Dua Rumah Pompa Baru Solusi Atasi Banjir Surabaya

Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat meresmikan rumah pompa di Jambangan Surabaya, Jumat (27/10/2023)

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengharapkan dua rumah pompa baru di Elveka Kebonsari dan SWK Karah Jambangan menjadi solusi mengatasi banjir di Surabaya bagian selatan.

“Rumah pompa itu untuk menarik pembuangan ke sungai terdekat, sehingga kita butuh aliran-aliran itu,” kata Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat meresmikan rumah pompa di Jambangan Surabaya, Jumat (27/10/2023).

Menurutnya, rumah pompa ini, merupakan bagian dari program penanganan banjir yang digarap oleh pemerintah kota (Pemkot) di wilayah Surabaya selatan.

Pembangunan rumah pompa baru ini, lanjut dia, sudah kewajiban dan tugas pemkot dalam menanggulangi banjir. Dia memastikan, dua rumah pompa ini bisa mengatasi banjir di kawasan Jambangan dan sekitarnya ketika curah hujan tinggi, sebab air akan mudah dialirkan menuju ke sungai.

Menurutnya, untuk mengatasi banjir atau genangan di Kota Surabaya, tidak bisa jika hanya mengandalkan gravitasi. Apabila hanya mengandalkan gravitasi, maka akan timbul potensi terjadinya banjir atau genangan, sebab air yang mengalir melalui saluran akan lebih lama menuju ke sungai.

“Sehingga dipotong-potong ini (alirannya), untuk mempercepat aliran airnya menuju ke sungai yang terdekat. Insya Allah, dengan diresmikannya dua rumah pompa ini, wilayah Jambangan, Ketintang, dan sekitarnya (banjir) sudah bisa terkurangi, harapan saya sudah tidak ada lagi banjir di wilayah ini,” ujarnya.

Dua rumah pompa yang digarap oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya itu, masing-masing dibekali dua unit pompa drainase yang memiliki kapasitas total 6 meter kubik per detik. Tak hanya itu, keduanya juga dilengkapi satu unit pompa sludge (penyedot lumpur) dengan kapasitas 0,5 meter kubik per detik.

Meskipun spesifikasinya sama, namun rumah pompa ini memiliki tugas layanan yang berbeda. Rumah pompa Elveka Kebonsari, akan melayani wilayah Avour (sistem drainase) Wonorejo, Ketintang Madya, Ketintang Selatan Raya, Saluran Kebonagung, Saluran Ketintang Madya 2, Saluran Ketintang Madya 7, dan Ketintang Permai.

Sedangkan rumah pompa SWK Karah, akan melayani wilayah Jalan Karah Agung, Jalan Bibis Karah, Jalan Karah, Perumahan Karah Indah 1, Perumahan Karah Indah 2, dan Avour Wonorejo sisi Karah Agung.

“Semoga ini bisa jadi solusi, bagaimana kita bisa atasi banjir yang ada di wilayah Ketintang, Jambangan dan sekitarnya,” katanya.

Selain mencegah banjir dan genangan menggunakan rumah pompa, sebelum memasuki musim penghujan pada akhir tahun mendatang, Walikota Eri telah mempersiapkan strategi lain, yakni dengan penandatanganan surat komitmen bersama seluruh ketua RT, RW, LPMK, camat, lurah, serta jajaran kepala PD di lingkungan Pemkot Surabaya. Di dalam surat komitmen tersebut, tercantum data wilayah perkampungan mana saja yang masih terjadi banjir dan genangan. (pur)

baca juga :

Bank Jatim Raih Penghargaan Indonesia Best CFO 2023

Redaksi Global News

Hasil Tes PCR Bingungkan Persebaya, Ganggu Persiapan Tim hingga Kalah dari Persipura

Redaksi Global News

Kenaikan Iuran BPJS, LBH Sebut Presiden Membangkang terhadap Hukum

Redaksi Global News