Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Pertamina Dukung UMKM Bangkit untuk Jatim Bangkit

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyabet penghargaan Stan Terbaik kategori Penggiat CSR Terbaik yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada penutupan pergelaran Jatim Fest 2023

SURABAYA (global-news.co.id) – Dalam menjalankan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan, Pertamina terus berupaya maksimal dari seluruh lini kegiatan, salah satunya lini sektor ekonomi. Dalam lini sektor ekonomi, Pertamina melalui PT Petamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menjalankan program kegiatan pemberdayaan bagi UMKM agar bisa mandiri dan naik kelas. Pertamina sendiri telah banyak melaksanakan kegiatan pembinaan dalam upaya peningkatan perekonomian dan kemandirian. Mulai dari upskilling pelatihan, pameran, workshop hingga sertifikasi. Hal ini salah satunya terlihat dalam ajang Jatim Fest (kelanjutan dari Jatim Fair) menyambut Hari Jadi Provinsi Jawa Timur dengan tema Jatim Bangkit, Terus Melaju yang diselenggarakan pada 4 sampai 8 Oktober 2023 di JX International (dulu Jatim Expo).

Jatim Fest 2023 ini digelar sebagai sarana promosi dan transaksi dagang langsung bagi pengusaha swasta, usaha kecil menengah dari para mitra binaan Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten, BUMN/BUMD pelaksana TJSL maupun perajin UKM mandiri. Pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk mempromosikan dan menampilkan inovasi unggulan pelayanan publik serta hiburan bagi semua lapisan masyarakat, menarik para buyers, traders dan investors dalam usaha memperluas jaringan pasar nasional maupun global.

Pameran Jatim Fest 2023 menampilkan beragam produk maupun layanan, sekaligus sarana penyampaian informasi, potensi, prestasi dan reputasi kinerja dari dinas, instansi, badan, BUMN, BUMD, kabupaten, kota dan provinsi di Jawa Timur maupun seluruh Indonesia, serta para pelaku usaha maupun industri yang meliputi produk perbankan, furniture & craft, produk kulit, fashion, peralatan rumah tangga, makanan dan minuman, produk kelautan, perikanan, dan pertanian, energi sumber daya mineral, bursa wisata, online / kosmetik dan herbal, industri kesehatan dan masih banyak lagi produk lainnya. PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus sendiri mengikutsertakan enam mitra binaan unggulannya, Batik Cempaka, Japara Art Furniture, Namine, Tenoen Mojag, Safira Collection dan RH Batik Madura.

Dalam pemilihan mitra binaan UMKM, Pertamina menerapkan sistem bergilir dan bergulir, sehingga setiap mitra binaan dapat berkesempatan mengikuti ajang pameran dan pameran ini merupakan salah satu pintu bagi UMKM menuju naik kelas dan kesempatan untuk mendapatkan tawaran penjualan baik skala lokal, nasional bahkan internasional.

Dalam ajang ini, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyabet penghargaan Stan Terbaik kategori Penggiat CSR Terbaik yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada penutupan pergelaran Jatim Fest 2023.

Pemilik Namine, Tatik Nurhayati mengungkapkan dengan diikutsertakan kedalam pameran dirinya bisa lebih melebarkan sayap untuk memperkenalkan produknya kepada pasar, baik lokal, nasional dan harapannya kepada pasar internasional. “Kami mengucapkan terimakasih sekali sebesar-besarnya pada Pertamina karena selama ini dibina dan diberi kesempatan untuk mengikuti pameran sehingga bisa mengembangkan kreativitas dan pengkayaan untuk produk Namine,” ujar Tatik.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengajak seluruh elemen strategis di Jawa Timur untuk terus memberikan penguatan lewat pendampingan untuk mendorong UMKM naik kelas. “PR kita berikutnya, yaitu bagaimana mendekatkan para pelaku UMKM dengan digital IT dan ekosistem digital lainnya. Saya mohon kepada semuanya yang memiliki kemampuan untuk melakukan pendampingan dan kemampuan untuk bisa mendorong tumbuh kembang UMKM agar cepat naik kelas,” ujar Khofifah.

Sementara Area Manager Comm Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi menerangkan, sebagai BUMN, Pertamina memiliki Program Tanggung Jawab Sosial, salah satunya Program Pembinaan UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk keikutsertaan pameran yang diselenggarakan dalam event Jatim Fest 2023 ini.

“Melalui program-program pembinaan UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra naik kelas dan Go Global,” ujar Ahad. (tis, *)

baca juga :

Kena Imbas Corona, Danone-AQUA Resmi Tunda Pertandingan Regional

Redaksi Global News

Sosialisasi DBHCT PR Ayunda : Tahun 2022 Bayar Pajak Rp 52 Milyar, Tahun 2023 Naik Rp 120 Milyar

gas

Grand Final Indonesian Idol 2020, Lyodra atau Tiara

Redaksi Global News