Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis TNI Utama

Gandeng TNI, BI Jatim Siapkan Rp 7,775 M untuk Penukaran Uang di Kegiatan ERB 2023

Kepala Perwakilan BI Jatim Doddy Zulverdi (tengah) dan Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim Bandoe Widiarto dalam kegiatan Bincang Bareng Media, Kamis (5/10/2023).

SURABAYA (global-news.co.id) – Dalam rangka menjalankan tugas BI memenuhi kebutuhan uang dalam jumlah yang cukup dan dalam kondisi layak edar di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil), Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan TNI AL akan menyelenggarakan kegiatan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023.

Kegiatan ERB 2023 akan digelar 7-12 Oktober 2023 dengan mengunjungi 5 pulau di wilayah Sumenep. Yakni Pagerungan Besar, Pagerungan Kecil, Tanjung Kiaok, Raas dan Gili Genting.

“KRI Surabaya-591 akan berangkat ke wilayah 3T di Sumenep, Sabtu (7 Oktober 2023) dari TNI AL Komando Armada (Koarmada) II,” kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Bandoe Widiarto dalam kegiatan Bincang Bareng Media, Kamis (5/10/2023).

Dijelaskan Bandoe, ada tiga kegiatan dalam ERB 2023. Yakni Penukaran uang Rupiah, Edukasi CBP (Cinta Bangga Paham) Rupiah dan penyerahan bantuan sosial.

Untuk penukaran uang Rupiah, pihaknya menyiapkan modal kerja Rp 7,775 miliar dan akan melayani penukaran uang pecahan kecil, lusuh, rusak dengan sistem pemesanan go show. Artinya masyarakat yang datang akan dilayani saat itu juga tanpa perlu memesan jauh-jauh hari.

Untuk Edukasi CBP Rupiah pihaknya akan melakukan sosialisasi pengenalan ciri keaslian dan merawat Rupiah. Segmen yang dibidik masyarakat umum dengan target minimal 50 orang setiap pulau.

Untuk penyerahan bantuan sosial yang menjadi satu rangkaian PSBI (Program Sosial Bank Indonesia), lanjut Bandoe pihaknya bekerjasama dengan Baznas Jatim akan memberikan bantuan kebutuhan pokok ke masyarakat pulau terpencil hingga memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan secara gratis.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Jawa Timur Doddy Zulverdi menjelaskan pada prinsipnya ERB merupakan layanan penyediaan uang rupiah layak edar melalui kas keliling yang disertai dengan ragam kegiatan yang bermanfaat khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah 3T.
Dijelaskan Doddy, tantangan kondisi geografis di wilayah 3T tidak ringan. “Untuk itu dibutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya TNI AL,” kata Doddy.

Doddy menegaskan Bank Indonesia akan senantiasa memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar. “Ini dilakukan untuk mendukung kelancaran aktivitas perekonomian serta memperkuat koordinasi berbagai pihak demi memastikan uang Rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI, khususnya wilayah 3T,” jelasnya. (tis)

baca juga :

Meski Sudah Refocusing Anggaran, Pemkot Ajak Warga Berpartisipasi Tangani Covid Melalui Surabaya Peduli Bencana

Titis Global News

Kasus Tinggi, Kanigoro Dapat Perhatian Khusus Satgas Penanganan Covid-19

Redaksi Global News

Super Elang Jawa Waspadai Motivasi Tinggi PSM