Global-News.co.id
Metro Raya Sport Utama

Bola Raksasa Iringi ‘Trophy Experience’ Piala Dunia U-17 di Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Masyarakat memadati kawasan Jalan Tunjungan, Surabaya untuk menyaksikan agenda ‘Trophy Experience’ jelang dimulainya perhelatan Piala Dunia U-17 di Indonesia, pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Pantauan di lokasi, Minggu (29/10/2023) agenda tersebut dibuka pada pukul 06.43 WIB dan ditandai dengan digelindingkannya bola raksasa dari sisi utara Jalan Tunjungan menuju sisi selatan.

Penggelindingan bola raksasa itu dibarengi dengan rombongan pasukan pengibar bendera dan iring-iringan drum band dari Politeknik Perkapalan (Poltekpel) Surabaya.

Setelah rombongan pertama melintas, muncul gerombolan anak-anak yang menggunakan permainan tradisional, seperti egrang dan bakiak.

Atribut yang digunakan, yakni menggambarkan perhelatan Piala Dunia U-17, mulai topi berhiaskan bendera negara peserta hingga papan bertuliskan grup di kejuaraan tersebut.

Ada juga sekelompok regu pemandu sorak yang dilibatkan, barongsai, komunitas sepatu roda, musik tradisional, dan penari reog.

Komunitas sepeda tua dari Komunitas Sepeda Tua (Kosti) Kota Surabaya juga terlibat memeriahkan acara, beberapa dari mereka baju komunitas berwarna hitam dan beberapa lainnya mengenakan pakaian sorjan.

Setiap sepeda juga dilengkapi bendera merah putih yang terpasang di sebilah tongkat bambu.

Salah satu sepeda milik anggota Kosti juga dilengkapi dengan pengeras suara yang memutar beragam musik kekinian.

Iring-iringan peserta “Trophy Experience” beranjak dari Jalan Tunjungan menuju titik akhir di Balai Pemuda di Jalan Gubernur Suryo. Masyarakat sudah memadati kawasan tersebut sejak pukul 05.49 WIB.

Saat arak-arakan tiba, terlihat sejumlah petinggi Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), pemerintah pusat, hingga pejabat daerah setempat yang hadir di dalam agenda tersebut, seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum Ratu Tisha Destria, dan Ketua Asprov PSSI Jawa Timur Ahmad Riyadh.

Kemudian, Walikota Surabaya Eri Cahyadi,  Sekeretaris Daerah Ikhsan, dan Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya, Wiwiek Widayati, Anggota DPRD setempat Khusnul Khotimah dan Budi Leksono.

Rombongan disambut maskot Piala Dunia U-17 Indonesia, Badak Cula Cahaya (Bacuya).

Sekitar pukul 07.38 WIB, rombongan arak-arakan “Trophy Experience” tiba di Balai Pemuda, Surabaya yang sudah dipadati oleh masyarakat.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi dalam sambutannya, mengajak seluruh masyarakat mendukung perjuangan Tim Nasional Indonesia U-17 di kejuaraan dunia tingkat usia itu.

“Saya mengajak warga Indonesia, Jawa Timur, dan Surabaya kita dukung Timnas, tunjukkan tuah Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) bagi timnas,” kata Eri.

Usai hadir di ‘Trophy Experience’, Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama rombongan menuju Stadion Gelora Bung Tomo untuk melakukan peninjauan. (pur)

baca juga :

Gubernur Jatim Tinjau Vaksinasi SMK Islam Krembung untuk Persiapan PTM

gas

 Sangat Dibutuhkan Warga, Pesantren Pengusul Proposal Beasiswa Santri Mencapi 100 Lebih

gas

Satu Sabuk Satu Jalan, Disambut Dunia

gas