Global-News.co.id
Metro Raya Utama

BMPD Jatim Berhasil Setor 35 Ribu Kantong Darah

Donor darah BPMD Jatim
Bandoe Widiarto (kiri) dan Deddy Patria (kanan) juga mendonorkan darahnya. Sementara Ibu Selvy Hutomo (dua dari kanan) bersama koleganya turut menyaksikan.

SURABAYA (global-news.co.id) – Bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dan PMI Surabaya, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jatim untuk kesekian kalinya mengadakan donor darah yang berlangsung di Kantor BI, Selasa (3/9/2023). Pesertanya, yakni karyawan BI, OJK dan 50 bank anggota BMPD Jatim.

“Target kami sebanyak 400 kantong darah tercapai. Kami bersyukur donor darah yang digelar rutin oleh BMPD Jatim ini mendapat sambutan positif. BMPD Jatim sejak awal hingga sekarang (belum termasuk pelaksanaan donor darah yang sekarang) sudah berhasil menyetor 35 ribu kantong darah kepada PMI. Kami terus minta dukungannya kepada semua pihak agar pelaksanaan donor darah ke depannya semakin banyak pesertanya. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia yang dengan sukses menggelar acara ini,” kata Selvy Hutomo, ketua panitia donor darah.

Selvy Hutomo ketika memberikan sambutan
Selvy Hutomo ketika memberikan sambutan.

Sementara itu Bandoe Widiarto, Deputi Kepala Perwakilan BI, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Dalam pelaksanaan donor darah tersebut setidaknya mempunyai dua arti penting. Pertama, dapat membantu orang lain yang memerlukan darah. Ini merupakan perbuatan mulia, karena kita dapat membantu orang lain. Kedua, kalau semakin banyak mendonorkan darah, badan kita menjadi sehat.

Bandoe Widiarto ketika memberikan sambutan
Bandoe Widiarto ketika memberikan sambutan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya acara ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Selvy yang bekerja keras bersama teamnya untuk mensukseskan acara ini. Ibu Selvy selalu aktif untuk terus menggelar acara donor darah. Ini penting, karena kebutuhan darah itu cukup besar,” katanya.

Bandoe mengatakan, sesuai standar WHO, kebutuhan (persediaan) darah itu seharusnya 2 % dari jumlah penduduk. Hanya saja, di Indonesia persediaan darah itu masih kecil. Data yang ada menyebutkan, secara nasional itu terdapat 300 ribu kantong. Jauh dari kebutuhan. Karena itu, pihaknya selalu mensupport terhadap pelaksanaan donor darah ini, khususnya yang dilaksanakan hari ini.

Rachmad (tengah baju merah) berpose bersama seusai menerima penghargaan.

Pada acara tersebut diserahkan pula penghargaan kepada pendonor yang sudah lebih 50 kali melakukan donor darah yaitu Rachmad Triwarsoni dari Bank OCBC NiSP yang sudah mendonorkan darah sebanyak 56 kali. “Ini contohnya Pak Rachmad, karena sering donor, wajahnya awet muda dan sehat,” kata Bandoe.

Selain Bandoe Widiarto, Deputi Kepala Perwakilan BI, hadir pula Deddy Patria, Direktur Pengawasan LJK 2 & Manajemen Strategis OJK KR 4 Jatim, Yosi dan Ibu Veronica (BNI), Ibu Dyah Nurbuati (BRI), Ony Suryono Widodo (Mandiri), Agnes Kristina (UOB), Ibu Vincentia Juliani (Shinhan), Handoso (MNC) dan Ibu Selvy Hutomo, Ketua Panitia. (Erfandi Putra)

baca juga :

Menko PMK Minta Kepala Daerah Lain Belajar ke Surabaya untuk Tangani COVID-19

Redaksi Global News

Kapolri Sebut Kapolda Jatim, Metro Jaya, Sumut Tak Terlibat Kasus Sambo

Redaksi Global News

Dengan Gotong Royong Masyarakat, Surabaya Sukses Turunkan Stunting 24,6%

Redaksi Global News