Global-News.co.id
Madura Utama

Baznas Pamekasan Kukuhkan Pengurus UPZ dan Serahkan Bantuan Pendidikan Anak Yatim

PAMEKASAN (global-news.co.id) – -Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pamekasan Kamis (19/10/2023) mengukuhkan 30 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di lingkungan Pemkab Pamekasan dan sejumlah instansi vertikal yang ada di Wilayah Kabupaten Pamekasan.

Pengukuhan yang dilakukan di Pendopo Ronggosukowati itu dirangkai dengan pemberian bantuan pendidikan kepada anak yatim dari siswa SD hingga SLTP. Selanjutnya juga dilakukan pembekalan bagi para pengurus UPZ dalam melaksanakan tugasnya.

Pengukuhan ini dihadiri Asisten Sekdakab Pamekasan Drs Didik Haryadi MSi mewakili Pj Bupati Pamekasan, Kepala Kementerian Agama Pamekasan Dr Mawardi, Ketua Takmir Masjid Agung Asy Syuhadak Pamekasan Dr KH M. Sahibuddin dan Kabag Kesra Abrori Rais.

Yang mengisi pembekalan antara lain Kepala Kemenag Pamekasan Dr Mawardi, Kabag Kesra Abrari Rais, Drs Abdurrahman Abbas MSi, Wakil Ketua I Baznas Pamekasan dan Dr Moh Afandi, Staf Amil Bidang Pengumpulan.

Asisten Sekdakab Pamekasan Drs Didik Haryadi MSi dalam sambutannya mengatakan kerja Baznas sangat mulia. Sekecil apapun perbuatan baik harus diupayakan, karena bisa jadi akan menjadi jalan menuju Surga. Sebaliknya jangan coba melakukan perbuatan dosa karena bisa jadi dosa yang kecil itu bisa menjadi jalan ke neraka.

“Karena itu kami mengajak kepada para pengurus UPZ di semua OPD yang telah dikukuhkan untuk bekerja secara maksimal. Bekerjasama kolaborasi dengan baik dengan pengurus Baznas Pamekasan,” ajaknya.

Ketua Baznas Pamekasan KH. Mudarris Abdul Wahab SH saat memberikan sambutan mengatakan target pengumpulan dana Baznas Pamekasan pada tahun mendatang sebesar Rp 3 miliar. Dengan dikukuhkannya para pengurus UPZ ini diharapkan target yang sangat besar itu akan bisa tercapai.

Dia mengatakan UPZ yang dikukuhkan ini terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah dan kantor kecamatan yang ada dilingkungan Pemkab Pamekasan. Pengukuhan ini masih sebagian dari OPD, karena jumlah OPD dilingkungan Pamekasan jumlahnya hampir 50 OPD.

“Kami berharap acara pengukuhan para pengurus UPZ tersebut, tidak hanya berupa kegiatan seremonial belaka, lebih dari itu, para pengurus UPZ ini bisa bekerja menjadi pengumpul zakat yang maksimal bagi masyarakat,” katanya.

“Ada tiga prinsip kerja Baznas yakni Aman Syar’i, Aman Regulasi dan Aman NKRI. Aman Syari artinya kerja Baznas sesuai syariat Islam, aman regulasi kerja Baznas harus mengikuti aturan dan regulasi dan aman NKRI maksudnya dana yang dikumpulkan Baznas harus dianfaatkan untuk memperkokoh NKRI,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Sosialisasi dan Bimtek Desa: Gubenur Khofifah Ajak Semua Elemen Jauhi Korupsi

Redaksi Global News

Meski Menang dari PSS, Coach RD Akan Rotasi Pemai

Redaksi Global News

Pesut Etam Tambah Striker Lokal, Incaran Lain Segera Finalisasi

Redaksi Global News