Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Walikota Eri: Inflasi di Surabaya Terkendali

Walikota Surabaya Eri Cahyadi

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi menyebut inflasi di Kota Pahlawan, Jawa Timur, pada Agustus 2023, terkendali dan cenderung mengalami penurunan.

“Laju inflasi terkendali akibat komoditas yang mengalami inflasi tidak terlalu signifikan kenaikannya dibanding komoditas yang mengalami penurunan harga,” kata Walikota Eri, Senin (4/9/2023).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2023, Kota Surabaya terjadi inflasi month to month (mtm) sebesar 0,14 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 116,29. Angka ini menurun karena pada Juli 2023 masih sebesar 0,15 persen mtm.

Menurut dia, keberhasilan Pemkot Surabaya mengendalikan inflasi pada Agustus 2023 tidak lepas dari peran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Surabaya yang beranggotakan sejumlah instansi.

Tim selalu rutin memantau perkembangan harga dan menggelar rapat evaluasi bersama Walikota Eri.

“Komoditas barang kebutuhan pokok dan barang penting (bapokting) yang meningkat harganya masih dapat dikontrol melalui operasi pasar dan penyederhanaan rantai distribusi. Selanjutnya, adalah rutin melakukan pemantauan dan pengawasan harga di pasar,” katanya.

Menurutnya, komoditas yang menjadi penyumbang utama terjadinya inflasi di seluruh kabupaten/kota berdasarkan IHK di Provinsi Jawa Timur adalah beras.

Namun, harga beras di Kota Surabaya masih berada di bawah HET (harga eceran tertinggi) dibandingkan di daerah lain yang sudah mengalami kenaikan.

“Jadi, sekarang ini harga dasar dari Bulog sudah naik, sehingga tidak mungkin tidak naik harganya di sejumlah daerah. Nah, di Surabaya, kami menjaga harganya itu, kami menyubsidi ongkos transportasinya, sehingga harga dari Bulog itu tidak berubah sampai di tempat pedagang jualan, sehingga naiknya tidak terlalu tinggi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Pemkot Surabaya juga bekerja sama dengan daerah-daerah lainnya untuk memenuhi sejumlah kebutuhan pokok di Surabaya. Meskipun sudah menjalin kerja sama, tidak mungkin Surabaya menyubsidi pupuknya, karena memang tidak diperbolehkan.

“Namun, yang bisa disubsidi adalah ongkos transportasinya, sehingga harganya tidak terlalu tinggi ketika dijual oleh pedagang,” ucap Cak Eri panggilan akrabnya.

Selain itu, Cak Eri juga menjelaskan strategi dan langkah Pemkot Surabaya dalam upaya menurunkan inflasi di Kota Pahlawan mulai dari pemenuhan suplai komoditas bapokting kepada pedagang pasar dari kelompok tani.

Menurut dia, harga komoditasnya lebih terjangkau, sehingga kenaikan maupun penurunan harga komoditas dapat tetap terkendali.

“Selanjutnya, pelibatan Bulog juga tetap diprioritaskan dalam operasi pasar komoditas beras agar harganya tetap stabil. Kolaborasi dan konsolidasi dengan berbagai stakeholder juga tetap dilakukan agar laju inflasi dapat dikendalikan dengan baik. Yakni, melakukan pemantauan dan pengawasan harga yang ada di pasar,” katanya.

Bahkan, apabila ada inflasi di Surabaya, Cak Eri bersama TPID langsung menganalisis inflasinya itu karena apa, di bagian apanya.

Baru setelah itu dilakukan langkah-langkah penyelesaiannya supaya bisa menekan inflasinya itu. Di tambah, jajaran PD Pasar Surya selalu memantau harga di pasar, agar tidak ada yang menjual di atas HET.

“Jika ada yang jual di atas HET, kami segera melakukan langkah-langkah strategis yang solutif. Seperti menjaga harga beras Bulog, hingga mensubsidi BBM transportasi untuk mengangkut barang dari daerah penghasil bahan pangan,” katanya. (pur)

baca juga :

Malaysia Terbuka 2023: Indonesia Tambah Lima Wakil ke Babak Kedua

Redaksi Global News

Wisuda ke-25 Stikosa-AWS, Ketua Dr Meithiana Indrasari: Jadilah Pemecah Masalah!

gas

Bazar Ramadhan Kampung: DPRD Surabaya Nilai Produk UMKM Mampu Bersaing di Pasaran